PENGARUH CELEBRITY-PRODUCT CONGRUENCE DAN CELEBRITY-CONSUMER CONGRUENCE TERHADAP ATTITUDE TOWARDS BRAND DAN PURCHASE INTENTION PRODUK McDONALD’S INDONESIA; STUDI KASUS MCD X BTS

Angela Averina(1*), Melissa Hersiana(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas kegiatan Celebrity Endorsement  yang dilakukan oleh McDonald’s dalam kolaborasi dengan BTS (BTS Meal). Dua dimensi yang digunakan untuk mengukur keefektifan Celebrity Endorsement dalam kolaborasi tersebut adalah Celebrity-Product Congruence dan Celebrity-Consumer Congruence, yaitu pengaruh nya pada Attitude Towards Brand dan Purchase Intention jangka panjang yang ditimbulkan. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 180 responden dengan menggunakan program SmartPLS untuk menganalisa data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Celebrity-Product Congruence berpengaruh secara signifikan terhadap Attitude Towards Brand. Sedangkan Celebrity-Consumer Congruence tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Attitude Towards Brand. Attitude Towards Brand berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase Intention jangka panjang.

 

Kata kunci: Celebrity-product congruence, celebrity-consumer congruence, attitude towards brand, purchase intention.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.