DESKRIPSI CITRA DESTINASI DI SOSIAL MEDIA MENGGUNAKAN ANALISA KONTEN #LABUANBAJO

Cristina Isabel Li(1*), Ribka Karolina Kusuma(2), Regina Jokom(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembentukan citra destinasi tentang Labuan Bajo melalui sosial media instagram dalam bentuk analisa konten berupa teks online review yang terkumpul dalam #labuanbajo. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini adalah teknik analisa konten data. Penelitian ini meneliti 712 online review di instagram dengan menggunakan tagar #LabuanBajo. Dari tagar #labuanbajo telah memungkinkan penulis untuk mengidentifikasi & eksplor dimensi beserta atribut dari citra kognitif, afektif & konatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi citra kognitif yaitu hard cognitive menunjukkan atribut sumber daya alam yang paling menonjol.  Sedangkan citra afektif lebih rendah dari citra kognitif namun tetap memiliki kesan yang baik, hal ini dikarenakan dimensi tertinggi adalah emosi positif dengan atribut kekaguman terhadap keindahan alam Labuan Bajo.  Selanjutnya penulis juga menemukan bahwa citra konatif yang paling sering muncul adalah positive word of mouth mengenai keunggulan destinasi Labuan Bajo.

Kata Kunci: Citra destinasi, citra kognitif, citra afektif, citra konatif, Labuan Bajo, Instagram

 

Abstract: This research was conducted to determine the formation of the destination image about Labuan Bajo through Instagram as a social media in the form of content analysis online review texts collected in hashtag #labuanbajo.  Data analysis technique in this qualitative research is data content analysis technique.  This study examines 712 online reviews on Instagram using the hashtag #LabuanBajo.  The hashtag #labuanbajo has allowed the author to identify & explore the dimensions and attributes of cognitive, affective & conative images. The results show that the dimension of cognitive image which is hard cognitive showed the most prominent attributes of natural resources.  Whereas the affective image is lower than cognitive image but still has a good impression, this is because the highest dimension is positive emotion with the attribute of admiration for the natural beauty of Labuan Bajo.  Furthermore, the author also finds that the most frequent conative image that appears is positive word of mouth regarding the advantage of the Labuan Bajo destination.

Keywords: Destination image, Cognitive image, Affective image, Conative image, Labuan Bajo, Instagram


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.