PENGARUH KNOWLEDGE, SKILL, ABILITY, ATTITUDE TERHADAP KINERJA KARYAWAN JW MARRIOTT HOTEL SURABAYA

Laurencia Melinda(1*), Stephanie Yuliana(2), Deborah Christine Widjaja(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Karyawan sangat berperan penting untuk meningkatkan kinerja di hotel, sehingga perlu meningkatkan knowledge, skill, ability, attitude yang sudah dimiliki. JW Marriott Hotel Surabaya sejauh ini memiliki guest satisfaction yang tinggi. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh knowledge, skill, ability, attitude terhadap kinerja karyawan JW Marriott Hotel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal dengan total jumlah 110 responden yang merupakan karyawan JW Marriott Hotel Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel knowledge, skill, ability, attitude mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan serta knowledge adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan JW Marriott Hotel Surabaya.
Kata kunci : Knowledge, Skill, Ability, Attitude, Kinerja Karyawan
ABSTRACT
Employees play an important role to improve performance in hotel, therefore they need to improve their knowledge, skills, abilities, attitude that they already have. JW Marriott Hotel Surabaya so far has a high guest satisfaction. This study aims to determine the impact of knowledge, skill, ability, attitude on employee performance in JW Marriott Hotel Surabaya. This study using the quantitative causal method with 110 respondents who are employees in JW Marriott Hotel Surabaya. The result of this study indicated that knowledge, skill, ability, attitude variables had a positive and significant influence and knowledge had the most dominant influence on employee performance in JW Marriott Hotel Surabaya.
Keywords : Knowledge, Skill, Ability, Attitude, Employee Performance


Full Text:

PDF

References


Agmasari, S. (2018, Oktober 22). Kompas.com. Retrieved from Kompas.com Web site: https://travel.kompas.com/read/2018/10/22/141400927/daftar-hotel-di-indonesia-dengan-ulasan-terbaik-tahun-2018

Arini, K. R., Mukzam, M. D., & Ruhana, I. (2015). Pengaruh kemampuan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan PT perkebunan nusantara X (pabrik gula) Djombang Baru. Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1), 1-9.

Boutler, N. (2003). People and Competencies: The Route To Competitive Advantage. Jakarta: Terjemahan Gramedia.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2008). Business Research Methods Tenth Edition. New York: The McGrawHill Companies.

Darmawan, S. A., Hamid, D., & Mukzam, M. D. (2013). Pengaruh motivasi kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan PT.PLN (persero) distribusi Jawa Timur area pelayanan dan jaringan (APJ) Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 1-9.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.(4th ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Hasibuan. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kandou, Y. L., Lengkong, V. P., & Sendow, G. (2016). Pengaruh knowledge management, skill dan attitude terhadap kinerja karyawan (studi pada PT. Bank Sulutgo kantor pusat di Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 147-158.

Laoh, C. F., Tewal, B., & Oroh, S. G. (2016). Pengaruh manajemen pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja terhadap kinerja pegawai (studi kasus pada PT. National Nobu Bank area Manado). Jurnal Berkala Ilmiah, 16(4), 786-793.

Latifah. (2014). Pengaruh kemampuan personal dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada dinas perindustrian, perdagangan dan koperasi kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(2), 149-160.

Malhotra, N. K. (2012). Basic Marketing Research : Integrating of Social Media. Unites States of America: Prentice Hall.

Muazansyah, I. (2018). Pengaruh kemampuan kerja (work ability) dan kualitas kerja (work quality) terhadap kualitas pelayanan publik didinas sosial kabupaten Bangkalan. Jurnal Aplikasi Administrasi, 21(1), 49-61.

Priyatno, D. (2013). Analisis Korelasi Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiharti, A. (2018, Desember 25). Idntimes Jatim. Retrieved from Idntimes Jatim Web site: https://jatim.idntimes.com/news/jatim/ardiansyah-fajar/25-juta-wisatawan-kunjungi-surabaya-selama/full

Surya, W. A., Astuti, E. S., & Susilo, H. (2014). Pengaruh employee knowledge, skill, dan ability (ksa) terhadap penggunaan sistem informasi sumber daya manusia dan kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 1-7.

Tesone, D. V., & Ricci, P. (2009). Hotel and restaurant entry-level job competencies: comparisons of management and worker perceptions. Fiu Reviews, 27(1), 77-89.

Untari, N. P., Sudarwati, & Wulan, I. A. (2018). Analisis attitude, knowledge dan skill terhadap kinerja di hotel (studi tentang kinerja alumni Victoria Hotel School). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 25-31.

Wardani, E. S. (2009). Pengaruh kompensasi, keahlian dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Pembangkitan Jawa Bali unit pembangkitan muara tawar. Manajemen, 1-11.

Widyasari, P. (2017). Pengaruh keterampilan, pengetahuan, konsep diri dan nilai-nilai, dan karakteristik pribadi terhadap kinerja pegawai melalui komitmen organisasi pada Dishubkominfo kab.Banyumas. Multiplier, 1(2), 62-79.

Winanti, M. B. (2011). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan (survei pada PT. Frisian Flag Indonesia wilayah jawa barat). Majalah ilmiah UNIKOM, 7(2), 249-267.

Yang, C. L., & Hwang, M. (2014). Personality traits and simultaneous reciprocal influences between job performance and job satisfaction. Chinese Management Studies, 8(1), 6-26.

Yona, M. (2018). Pengaruh penempatan kerja, keahlian (skill) dan kepuasan kerja terhadap peningkatan kinerja karyawan pada PT. Osi Electronics Batam. Jurnal Bening, 5(1), 27-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.