PENGARUH KARAKTERISTIK CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PENONTON YOUTUBE PADA MAKANAN DAN MINUMAN YANG DIULAS

Ericko Vieri Manuel(1*), Setevani Lisa Gunawan(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
YouTube merupakan salah satu media sosial yang aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia. YouTube menjadi alat pemasar bagi pengusaha-pengusaha saat ini dengan memanfaatkan celebrity endorser atau youtuber. Terdapat 4 karakteristik dari celebrity endorser, yaitu visibility, credibility, attractiveness, dan power. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari karakteristik youtuber sebagai celebrity endorser terhadap minat beli penonton YouTube pada makanan dan minuman yang diulas. Penelitian ini melibatkan 300 responden pengguna YouTube. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisa regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik youtuber terkait attractiveness dan power memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli penonton YouTube pada makanan dan minuman yang diulas.
Kata kunci : Celebrity endorser, youtuber, Minat Beli
Abstract
YouTube is the one of active social media that people of Indonesia use. YouTube has become a marketing tools for entrepreneurs by utilizing celebrity endorser or in this case youtuber. There are 4 characteristic of celebrity endorser that are visibiliy, credibility, attractiveness, and power. This researched is to determine the effect of the characteristics of the Youtubers as a celebrity endorser on YouTube audience’s buying intention in food and beverages that have been reviewed. This researched involved 300 respondents of YouTube users. This researched is using a quantitative method with multiple linear regression. The result of the researched indicate that the characteristics of youtuber related to attractiveness and power have a positive and significant influence on YouTube audience’s buying intention in food and beverage reviewed.
Keywords : Celebrity endorser, youtuber, buying intention


Full Text:

PDF

References


Baskoro, A. (2009). Panduan praktis searching di internet. Jakarta: PT TransMedia.

Bozarth, J. (2010). Social media for trainers: techniques for enhancing and extending learning. San Francisco: Pfeiffer.

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social media: defining, developing, divining. Journal of Communication.

Christian, R., & Ariyanti, M. (2017). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat pembelian situs belanja online Tokopedia di Kota Bandung. e-Proceeding of Management, 18-24.

Corbuzier, D. (2018). Youtuber for dummies. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Fandi, T. (2006). Manajemen jasa edisi I. Yogyakarta: Andi.

Friedman, H., & Friedman, L. (1979). Endorser effectiveness by product type. Journal of Advertising Research, 66-71.

Holmbom, M. (2015). The Youtuber : a qualitative study of popular content creators. Institutionen för informatik, 41.

Indrawati. (2017). Perilaku konsumen individu: dalam mengadopsi layanan berbasis teknologi informasi & komunikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Jerslev, A. (2016). In the time of the microcelebrity : celebrification and the youtuber Zoella. International Journal of Communication 10, 5233–5251.

Kim, H., Ko, E., & Kim, J. (2015). SNS users' para-social relationships. Journal of Global Scholars of Marketing Science, 279-294.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management 15th global ed. United States of America: Pearson Education.

Kriyantono, R. (2008). Teknis praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana.

Lewis, B. K. (2010). Social media and strategic communication: attitudes and perceptions among college student. International Journal of Public Relation Society of America.

Percy, L., & Rossiter, J. R. (1980). Advertising strategy: a communication theory approach. New York: Praeger Publisher.

Rachmat, D. O., Ariyanti, M., & Zuliestiana, D. A. (2016). Pengaruh celebrity endorser di media sosial Instagram dalam promosi produk hijab terhadap minat beli konsumen. e-Proceeding of Management, 2858.

Randhawa, A., & Khan, J. A. (2014). Impact of celebrity endorsement on consumer buying behaviour. International Journal of Business Management, 172.

Rochmania, L., & Prabowo, F. S. (2016). Pengaruh celebrity endorsement pada instagram terhadap minat beli produk mode lokal (studi pada Sharena Gunawan). e-Proceeding of Management, 1103-1112.

Rohrs, J. K. (2014). Audience: marketing in the age of subcribers, fans & followers. Canada: ExactTarget.

Rossiter, J. R., & Percy, L. (1987). Advertising and promotion management. United Stated of America: McGraw-Hill.

Sharon, F., Meilinda, L., Wijaya, S., & Iskandar, V. (2018). Pengaruh karakteristik celebrity endorser melalui media sosial instagram terhadap minat beli konsumen pada restoran dan cafe di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 390-404.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan and promosi: aspek tambahan komunikasi ed.5 jilid II. Jakarta: Erlangga.

Wahyuni, N. (2014). Uji validitas dan reabilitas. Binus University Quality Management Centre.

Wigati, S. (2011). Perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Maliyah 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.