PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP CITRA DESTINASI DARI CANDI BOROBUDUR, MANDALIKA, LABUAN BAJO DAN DANAU TOBA

Authors

  • Olivia Irena
  • Devina Christie
  • Sienny Thio

Keywords:

Brand Performance, Brand Image, Brand Trust

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk membahas lebih jauh
persepsi masyarakat terhadap citra destinasi yang terbagi dalam citra kognitif dan
afektif dari empat destinasi meliputi Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo,
dan Danau Toba. Responden yang diperoleh berjumlah 400 orang responden yang
diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Candi Borobudur memperoleh citra destinasi secara umum sebagai tempat wisata
bersejarah, Mandalika dan Labuan Bajo memperoleh citra destinasi secara umum
sebagai tempat wisata alam yang indah, sedangkan Danau Toba memperoleh citra
destinasi secara umum sebagai tempat wisata alam yang indah dan bersejarah.
Kata Kunci: citra destinasi, citra kognitif, citra afektif
ABSTRACT
This research use descriptive analysis to discuss the public perception of
the image of the destination which is divided into cognitive and affective images
of four tourist destinations including Borobudur Temple, Mandalika, Labuan Bajo,
and Toba Lake. Research respondents obtained amounted to 400 respondents
obtained through questionnaires. The results of the study showed that the image of
each tourist destination which was developed by government was also be
perceived by respondents. Borobudur Temple obtains destination images in
general as historical attractions, Mandalika and Labuan Bajo obtain destination
images in general as beautiful natural attractions, while Toba Lake obtains
destination images in general as a beautiful and historic natural tourist attraction.
Keywords: destination image, cognitive, affective

References

Agyekum, C. K., Haifeng, H., & Agyeiwaa, A. (2015). Consumer Perception of

Product Quality. Microeconomics and Macroeconomics, 3(2), 25-29.

Agus. (2017,Mei 4). Alasan Kemenpar gencar promosikan 10 'Bali' Baru.

Retrieved, from www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/912151-alasankemenpar-

gencar-promosikan-10-bali-baru

Basuki. (2018, July 12). Pemerintah Prioritaskan Pengembangan Danau Toba,

Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Retrieved from

https://setkab.go.id/pemerintah-prioritaskan-pengembangan-danau-tobaborobudur-

mandalika-dan-labuan-bajo/.

Chi, C. G., & Qu, H. (2008). Examining the structural relationships of destination

image, tourist satisfaction and destination loyalty: An integrated

approach. Tourism Management, 29(4), 624-636.

Coban, S. 2012. The effects of the image of destination on tourist satisfaction and

loyalty: the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29

(2), 222-232.

Dimyati, V. (2018, September 28). Mengenal 4 Destinasi Super Prioritas yang

Bakal Jadi Bali Baru. Retrieved from

https://www.inews.id/travel/read/262617/mengenal-4-destinasi-superprioritas-

yang-bakal-jadi-bali-baru.

Echtner, C. M., & Ritchie, J. B. (december 1991). The Meaning and Measurement

of Destination Image. Tourism Studies, 2(2), 2-12.

Gundul, S. (2018, August 10). Labuan Bajo kebakaran?tetap indah kok, simak

penjelasannya berikuti ini. Retrieved from

https://www.jejakpiknik.com/labuan-bajo

Hermawan, H. (2017). Pengembangan Destinasi Wisata pada Tingkat Tapak

Lahan dengan Pendekatan Analisis SWOT. Pariwisata, 4(2), 64-74.

Jenkins, O. H. (1999). Understanding and measuring tourist destination images.

International Journal of Tourism Research, 1(1), 1-15.

Kuncoro, M. (2007). Metode kuantitatif: Teori dan aplikasi untuk bisnis dan

ekonomi (3rd ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

226

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta:

Erlangga.

Madichie, N. O. (august 2012). Consumer Perception. 2(2). 153-174.

Nastiti. (2017, November 16). Pemerintah Fokus Pembangunan 4 Kawasan

Wisata Prioritas Ekonomi. Retrieved from

https://ekonomi.bisnis.com/read/20171116/12/709933/pemerintah-fokuspembangunan-

4-kawasan-wisata-prioritas

Nazir. (2005). Partial Least Square. Statsdata statistical data analyst. Retrieved

October 10, 2016 from www.statsdata.my.id/2012/07/partial-leastsquare.

html.

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif

Untuk Administrasi Publik Dan Masalah - Masalah Sosial. Yogyakarta:

GAVAMEDIA

Satyarini, N. W., Rahmanita, M., & Setarnawat, S. (2017). The Influence of

Destination Image on Tourist Intention and Decision to Visit Tourist

Destination (A Case Study of Pemuteran Village in Buleleng, Bali,

Indonesia). TRJ Tourism Research Journal, 1(1), 81-97.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Wang, C., & Hsu, M. K. (2010). The Relationships of Destination Image,

Satisfaction, and Behavioral Intentions: An Integrated Model. Journal of

Travel & Tourism Marketing, 27(8), 829-843.

Wiryawan. (2017, March 7). PwC Indonesia. Retrieved from

https://www.pwc.com/id/en.html

Downloads

Published

2020-07-27