PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP CITRA DESTINASI DARI CANDI BOROBUDUR, MANDALIKA, LABUAN BAJO DAN DANAU TOBA
Keywords:
Brand Performance, Brand Image, Brand TrustAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk membahas lebih jauh
persepsi masyarakat terhadap citra destinasi yang terbagi dalam citra kognitif dan
afektif dari empat destinasi meliputi Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo,
dan Danau Toba. Responden yang diperoleh berjumlah 400 orang responden yang
diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Candi Borobudur memperoleh citra destinasi secara umum sebagai tempat wisata
bersejarah, Mandalika dan Labuan Bajo memperoleh citra destinasi secara umum
sebagai tempat wisata alam yang indah, sedangkan Danau Toba memperoleh citra
destinasi secara umum sebagai tempat wisata alam yang indah dan bersejarah.
Kata Kunci: citra destinasi, citra kognitif, citra afektif
ABSTRACT
This research use descriptive analysis to discuss the public perception of
the image of the destination which is divided into cognitive and affective images
of four tourist destinations including Borobudur Temple, Mandalika, Labuan Bajo,
and Toba Lake. Research respondents obtained amounted to 400 respondents
obtained through questionnaires. The results of the study showed that the image of
each tourist destination which was developed by government was also be
perceived by respondents. Borobudur Temple obtains destination images in
general as historical attractions, Mandalika and Labuan Bajo obtain destination
images in general as beautiful natural attractions, while Toba Lake obtains
destination images in general as a beautiful and historic natural tourist attraction.
Keywords: destination image, cognitive, affective
References
Agyekum, C. K., Haifeng, H., & Agyeiwaa, A. (2015). Consumer Perception of
Product Quality. Microeconomics and Macroeconomics, 3(2), 25-29.
Agus. (2017,Mei 4). Alasan Kemenpar gencar promosikan 10 'Bali' Baru.
Retrieved, from www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/912151-alasankemenpar-
gencar-promosikan-10-bali-baru
Basuki. (2018, July 12). Pemerintah Prioritaskan Pengembangan Danau Toba,
Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Retrieved from
https://setkab.go.id/pemerintah-prioritaskan-pengembangan-danau-tobaborobudur-
mandalika-dan-labuan-bajo/.
Chi, C. G., & Qu, H. (2008). Examining the structural relationships of destination
image, tourist satisfaction and destination loyalty: An integrated
approach. Tourism Management, 29(4), 624-636.
Coban, S. 2012. The effects of the image of destination on tourist satisfaction and
loyalty: the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29
(2), 222-232.
Dimyati, V. (2018, September 28). Mengenal 4 Destinasi Super Prioritas yang
Bakal Jadi Bali Baru. Retrieved from
https://www.inews.id/travel/read/262617/mengenal-4-destinasi-superprioritas-
yang-bakal-jadi-bali-baru.
Echtner, C. M., & Ritchie, J. B. (december 1991). The Meaning and Measurement
of Destination Image. Tourism Studies, 2(2), 2-12.
Gundul, S. (2018, August 10). Labuan Bajo kebakaran?tetap indah kok, simak
penjelasannya berikuti ini. Retrieved from
https://www.jejakpiknik.com/labuan-bajo
Hermawan, H. (2017). Pengembangan Destinasi Wisata pada Tingkat Tapak
Lahan dengan Pendekatan Analisis SWOT. Pariwisata, 4(2), 64-74.
Jenkins, O. H. (1999). Understanding and measuring tourist destination images.
International Journal of Tourism Research, 1(1), 1-15.
Kuncoro, M. (2007). Metode kuantitatif: Teori dan aplikasi untuk bisnis dan
ekonomi (3rd ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
226
Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta:
Erlangga.
Madichie, N. O. (august 2012). Consumer Perception. 2(2). 153-174.
Nastiti. (2017, November 16). Pemerintah Fokus Pembangunan 4 Kawasan
Wisata Prioritas Ekonomi. Retrieved from
https://ekonomi.bisnis.com/read/20171116/12/709933/pemerintah-fokuspembangunan-
4-kawasan-wisata-prioritas
Nazir. (2005). Partial Least Square. Statsdata statistical data analyst. Retrieved
October 10, 2016 from www.statsdata.my.id/2012/07/partial-leastsquare.
html.
Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif
Untuk Administrasi Publik Dan Masalah - Masalah Sosial. Yogyakarta:
GAVAMEDIA
Satyarini, N. W., Rahmanita, M., & Setarnawat, S. (2017). The Influence of
Destination Image on Tourist Intention and Decision to Visit Tourist
Destination (A Case Study of Pemuteran Village in Buleleng, Bali,
Indonesia). TRJ Tourism Research Journal, 1(1), 81-97.
Sugiyono (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Wang, C., & Hsu, M. K. (2010). The Relationships of Destination Image,
Satisfaction, and Behavioral Intentions: An Integrated Model. Journal of
Travel & Tourism Marketing, 27(8), 829-843.
Wiryawan. (2017, March 7). PwC Indonesia. Retrieved from