PENGARUH PENJELAJAHAN WEBSITE HEDONIS DAN UTILITARIAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DI ONLINE TRAVEL AGENT

Amelia Rusadi Santoso(1*), Ovilia Cindy Monica(2), Regina Jokom(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penjelajahan website yang bersifat hedonis dan utilitarian, serta pengaruhnya terhadap pembelian impulsif tiket pesawat di Online Travel Agent. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sebagai teknik analisis data, juga menggunakan metode kuantitatif kausal dengan total jumlah 104 responden yang merupakan konsumen OTA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjelajahan website yang bersifat hedonis dan utilitarian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif tiket pesawat di Online Travel Agent
Kata Kunci :Penjelajahan Website Hedonis,Utilitarian, Impulsif
ABSTRACT
This research is conducted to examine hedonic, utilitarian web browsing and the influence to impulsive buying. The data collected was analyzed with Multiple Linear Regression. This study using the quantitative causal method with 104 respondents as website online travel agent users. The results proved that there was a positive dan significant effect of Hedonic and Utilitarian Web Browsing on Impulsif Buying at Online Travel Agent
Keywords :Hedonic Web Browsing, Utilitarian, Impulsive


Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet (APJII).2017. Hasil survei internet apjii 2017. Diakses pada tanggal 20 februari 2017. https://apjii.or.id/survei2017.

Barreda, A., Nusair, K., Bilgihan, A., & Okumus, F. (2013). Developing a brand structure pyramid model for travel related online social networks. Tourism Review , 49-70.

Beatty, S. E., & Ferrell, M. E. (1998). Impulse buying : Modeling it's precursors. Journal of Retailing,74 (2).

Gűltekin, B., & Ȍzer, L. (2012). The influence of hedonic motives and browsing on impulse buying. Journal of Economics and Behavioral Studies, 4 (3), 180-189.

Mangkunegara, A. P. (2002). Perilaku konsumen: Edisi Revisi. Bandung: PT. Refika Aditama

Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh people, physical evidence, product, promotion,price dan place terhadap tingkat kunjungan kafe coffee cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1, (5).

Nurmikko, S. (2011). Implikasi dari hedonik dan utilitarian pencarian informasi dan media sosial browsing pada pembelian nilai .

Park, E. J., Kim, E. Y., Funches, V. M., & Foxx, W. (2012). Apparel product attributes, web browsing, and e-impulse buying on shopping websites. Journal of Business Research 65 .

Rook, D. W., & Gardner, M. P. (1993). In the mood : Impulse buying affective antecedents. Research in Consumer Behavior, 6.

Taslim, B., & Septianna, A. (2011). Pengaruh knowledge management terhadap kreativitas tenaga pendidik SMA Methodist 2 Palembang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi, 1(2).

WTTC (2011), Travel and tourism. available at: www.citsmice.net/other- reports/11_traveltourism2011.pdf (accessed 20 december 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.