ANALISA KOMUNIKASI PEMASARAN INTERAKTIF INSTAGRAM HOTEL JAVA PARAGON SURABAYA TERHADAP RESPON FOLLOWERS

Adrian Nathan Hartono(1*), Jonathan Yuda(2), Regina Jokom(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Abstrak - Perkembangan media sosial semakin mempengaruhi kehidupan Salah satu fungsi media sosial adalah sebagai media pemasaran. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisa komunikasi pemasaran interaktif dan hubungannya terhadap respon followers instagram @javaparagonhotel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah 400 responden yang merupakan followers dari @javaparagonhotel. Teknik analisis menggunakan Customer Response Index (CRI) untuk mengetahui respon konsumen terhadap komunikasi pemasaran interaktif di instagram @javaparagonhotel. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara komponen penggunaan media sosial dengan respon followers instagram @javaparagonhotel.
Kata Kunci: Media Sosial, Respon Konsumen, Instagram, Komunukasi Pemasaran Interaktif.
Abstract
Abstract - The development of social media increasingly influences human life. One of the role of social media is as a marketing tool. This research aims to analyse the interactive marketing communication and its relation with customers response through Java Paragon hotel’s instagram. This research uses quantitative descriptive method with a total of 400 respondents which are followers of @javaparagonhotel. The analysis technique uses Customer response Index (CRI) to know the stages of consumers response toward the interactive marketing communication. The result of this study shows that there is a relationship between interactive marketing communication and consumers response of @javaparagonhotel instagram followers.
Keywords: Social Media, Consumers response, Instagram, Interactive Marketing Communication.


Full Text:

PDF

References


Aiwan, N. B., Gondowardoj, E. J. P. S., & Jokom, R. (2017). Analisa efektivitas komunikasi pemasaran interaktif melalui instagram menggunakan customer responden index: studi pada kafe de mandailing di surabaya. Journal of Hospitality and Service Management, 5(2), 356–367.

APJII. (2018). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Retrieved March 3, 2019, from https://apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2017

Best, R. J. (2013). Market-Based Management (5th Edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Durianto, D., Sugiarto, Widjaja, A. W., & Supraktino, H. (2003). Invasi Pasar Dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Elvetta, O., Suryabi, A., & Jokom, R. (2018). Analisa komunikasi pemasaran interaktif melalui instagram restoran madame chang dan hubungannya dengan respon konsumen. Journal of Hospitality and Service Management, 6(2), 102–113.

Ranginwala, S., & Towbin, A. J. (2016). The power of promotion. Academic Radiology, 24(4), 488–496.

Solis, B. (2010). Engage! The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons.

Thackeray, R., Neiger, B. L., Hanson, C. L., & Mckenzie, J. F. (2008). Enhancing promotional strategies within social marketing Ppograms: use of web 2.0 social media. Health Promotion Practice, 9(4), 338–343.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.