PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE DENGAN MARKET ORIENTATION DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MINIMARKET ALFAMART DAN ALFAMIDI DI SURABAYA

Ayu Wahyuni Prayugo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kota Surabaya merupakan salah satu kota dengan perkenomian yang terus berkembang pesat dan menjadi kota yang strategis untuk bisnis ritel. Selain itu, tingkat konsumsi masyarakat di Surabaya juga terbilang tinggi. Tidak salah jika banyak bisnis bidang ritel khususnya minimarket yang banyak bertumbuh di Surabaya.

Sebuah perusahaan dapat berkembang jika dipengaruhi dengan peggunaan strategi marketing yang sesuai. Di dalam perusahaan, karyawan merupakan aset yang sangat berharga yang perlu diberdayakan sehingga mampu menjadi alat pengaplikasian strategi perusahaan dan menhasilkan performa yang superior bagi perusahaannya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Internal Marketing terhadap Employee Performance pada minimarket Alfamart dan Alfamidi di Surabaya dengan Market Orientation dan Employee Engagement sebagai variabel intervening.

Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada 120 responden karyawan minimarket Alfamart dan Alfamidi di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan pengolahan data SmartPls.


Keywords


Internal Marketing, Market Orientation, Employee Engagement, Employee Performance

References


Abdilah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Berita Metro. (2017, Januari 9). Aprindo Optimis Bisnis Ritel Tumbuh 13,5 Persen. Retrieved Maret 10, 2017, from Berita Metro Web Site: http://www.beritametro.news.com

Berry, L. (1984). The Employee as Customer in Services Marketing. Boston, Massachusetts: Kent Publishing Co.

Grönroos, C. (1981). Internal Marketing–An Integral Part of Marketing Theory. Marketing of Sevice, 236-238.

Hair. (2010). Multivariative Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall.

Kahn, W. (1990). Psychological Conditions of Personal Engagement and Disengagement at Work. Academy of Management Journal, 692-724.

Motowidlo, S. J., Borman, W. C., & Schmit, M. J. (1997). A Theory of Individual Differences in Task and Contextual Performance. Human Performance, 71-83.

Narver, J., & Slater, S. (1990). The Effect of a Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing, 20-35.

Rak Minimarket. (2017, Januari 1). Potensi Bisnis Minimarket 2017. Retrieved Maret 10, 2017, from Adi Rak Minimarket: http://www.minimarket.com

Republika. (2015, September 12). Ekonomi Makro. Retrieved Maret 10, 2017, from Republika: http://www.republika.co.id

Schmidt, F., & Marson, B. (2012). Employee Engagement. Institute for Citizen-Centred Service.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumadi, S. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Wu, M. Y., & Lee, Y. R. (2011). The Effects of Internal Marketing, Job Satisfaction and Service Attitude on Job Performance among High-Tech Firm. African Journal of Busniness Management, 12551-12562.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.