Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak— Pertumbuhan produk baru di Indonesia semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan peningkatan intensitas persaingan pasar. Perusahaan harus terus berinovasi menciptakan customer value proposition baru pada produknya untuk dapat menghadapi persaingan pasar. Usaha dalam penciptaan value produk dengan cara berinovasi juga terus dilakukan oleh PT ISM Bogasari Flour Mills. Inovasi tersebut dilakukan dengan menambahankan vitamin A, B3, dan D pada produk consumer pack premium. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui apakah Customer value proposition baru dalam produk consumer pack premium baru Bogasari dapat memberikan value lebih bagi konsumen sehingga dapat mempengaruhi minat beli. Serta Apakah konsumen dari produk tepung terigu curah akan berpindah membeli produk consumer pack premium baru Bogasari. Dalam pelaksanaan analisisnya, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan menyebarkan kuisioner ke 100 orang pemakai produk tepung terigu dan consumer pack bening. Tehnik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji f, uji t, Analisis regresi berganda, Koefisien determinasi (R2).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Augusty Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNDIP
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa. Bandung : alfabeta
Blythe, Jim (2006). Principles & practice of marketing. London : Cengage Learning EMEA
Boyd, Orville, C., Larreche, J., Mullins, J. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga.
Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu – Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana
Buttle, F. (2009). Customer Relationship Management, Burlington, MA: Elsevier
Dewi, D.N. (2010). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi inovasi produk perusahaan roti di kota Semarang. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.
Fifield, P. (2007). Marketing Strategy Masterclass: Making Marketing Strategy Happen. Butterwort Heinemann.
Gale, B.T. (1994), Managing Customer Value: Creating Quality and Service that Customers Can See, The Free Press, New York, NY.
Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program
SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Handoko, W.F. & Megawati, I.N. (2009). Analisis pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas customer dengan kepuasan customer sebagai mediator : study kasus de Boliva ice cream kitchen and lounge Jl. Raya Gubeng 66 Surabaya. (TA. No. 33010018/MAN/2009). Unpublished undergraduated thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Haryadi, Adi. (2007). Kiat membuat promosi penjualan secara efektif dan terencana: Langkah praktis mempersiapkan promosi penjualan pada perusahaan jasa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Hassan Almoatazbillah ““The Value Proposition Concept in Marketing: How Customers Perceive the Value Delivered by Firms – A Study of Customer perspectives on Supermarkets in Southampton in the United Kingdom” Journal of Marketing Studies Vol 4 No. 3, pp 68-87
Husein Umar. 2000. Metodologi Penelitian. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta
Ibnu Widiyanto. 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip
Kinnear, Thomas C dan Taylor, James R. 1995. Riset Pemasaran. Alih Bahasa. Yohanna Lamarto; Jilid II. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. (1997) Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. (Teguh, Hendra dan Rusli, Ronny A., Trans). Jakarta: Gramedia
Kotler, P., Amstrong G. (2001). Dasar – dasar pemasaran. Jilid 1 (9th ed.). (Alexander Sindoro, Trans). Jakarta: Gramedia
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Buku 1 Edisi kesebelas. Drs Benjamin Molan, trans. Jakarta: PT Prenhallindo.
____. 2002. Manajemen Pemasaran 1. Milenium ed. Jakarta: PT Prenhallindo.
____. 2003. Marketing Management. Edisi ke 11/International edition. Prentice Hall, New Jersey
Kuncoro, M. (2003). Metode Penelitian Bisnis (Cet. 4). Bandung.
Malhotra, Naresh K. 2009. Riset Pemasaran. Edisi Keempat. Index
Oliver, Richard L, 1997, Satisfaction: A Behavioral Perspective on The Consumer, McGraw-Hill: New York.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2003). Modelling Value Propositions in E-Business. [Online] Available: http://www.hec.unil.ch/yp/Pub/03-ICEC.pdf
“Penuhi Kebutuhan Pasar Ponsel Cross Luncurkan 5 Produk Terbarunya” SWA.co.id, 19 Maret 2013, http://swa.co.id/business-strategy/penuhi-kebutuhan-pasar-ponsel-cross-luncurkan-5-produk-terbarunya
Prakosa, Bagas. (2005). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing (Study empiris pada industri manufaktur di Semarang). Jurnal Study Manajemen & Organisasi,2(1),35-37.Retrieved 17 Maret 2013 fromhttp:eprints.undip.ac.id/15063/1/Pengaruh_Orientasi_Pasar,_Inovasi….by_Bagas_Prakosa(OK1).pdf
Ridwan. (2008). Dasar–dasar Statistika. Bandung : CV Alfabeta.
Rintamaki Timo & Hannu Kuusela (2007), “Identifying Competitive value proposition in retailing” Managing Service Quality, Vol. 17 No 6, pp 621-634
Sheth, J.N., Newman, B.I. and Gross, B.L. (1991), “Why we buy what we buy: a theory of consumption values”, Journal of Business Research, Vol. 22 No. 2, pp. 159-70.
Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga
Srimindarti, Caecilia. (2002, March). Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat inovasi bagian penelitian dan pengembangan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi,9(1), 62-75. Retrieved
Sugiyono (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
_____(2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy, (2002) Strategi Pemasaran. Cetakan keenam. Yogyakarta: Andi Offset
______, (2005) Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing
______, (2008) Strategi Pemasaran. Edisi ke-2, Yogyakarta : Andy Offset.
Zeithaml, V.A. (1988), “Consumer perceptions of price, quality, and value: a means-end model and synthesis of evidence”, Journal of Marketing, Vol. 52 No. 3, pp. 2-22.
Refbacks
- There are currently no refbacks.