Analisa Segmentasi Hula Hula Bedasarkan Product Attributes di Surabaya

Claudia Stacey Budiono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Potensi konsumsi es krim di Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat. Di Indonesia sendiri terdapat dua merek es krim yang mendominasi di masyarakat, yaitu Walls dan Campina.

                Campina adalah perusahaan es krim lokal yang sudah berdiri selama 44 tahun. Salah satu produk andalan Campina adalah Hula Hula, yaitu produk es krim dengan varian rasa tradisional. Hula Hula merupakan TOP 3 fast moving product Campina yang telah diproduksi selama 40 tahun.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu segmentasi konsumen Hula Hula di Surabaya bedasarkan Geographic, Demographic, dan Psychographic. Melalui data profil konsumen tersebut, akan dikelompokkan sesuai karakteristiknya dan preferensi konsumen terhadap Product Attributes Hula Hula.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada 385 responden konsumen Hula Hula di Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode two top boxes dan two bottom boxes, cluster analysis dan factor analysis. Bedasarkan hasil penelitian, terbentuk tujuh faktor baru dan delapan kluster konsumen bedasarkan product attributes Hula Hula.

Keywords


Segmentation, Geographic, Demographic, Psychographic, Product Attributes, Hula Hula

Full Text:

PDF

References


Dickson. (n.d.). Daftar 10 Kota Terbesar di Indonesia menurut Jumlah Populasi Penduduk. Retrieved from http://ilmupengetahuanumum.com/10-kota-terbesar-di-indonesia-menurut-jumlah-penduduknya/

Etzel, M. J., Walker, B. J., & Stanton, W. J. (2007). Marketing. McGraw-Hill/Irwin.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Güçdemir, H., & Selim, H. (2015). Integrating multi-criteria decision making and clustering for business customer segmentation. Industrial Management & Data Systems, 115(6), 1022–1040. https://doi.org/10.1108/IMDS-01-2015-0027

Julheri. (2016). Konsumsi Es Krim Indonesia Tertinggal Dari Malaysia dan Singapura. Retrieved from http://www.sumeks.co.id/index.php/ekonomi/16470-konsumsi-es-krim-indonesia-tertinggal-dari-malaysia-dan-singapura

Kotler, Philip; Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing, Global Edition (16th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P. (Philip J. ., & Keller, K. L. (2012). Marketing management. Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (Gary M. . (1993). Marketing : an introduction. Prentice Hall.

Lin, M., & Wathen. (2008). Statistical Techniques in Business and Economics “With Global Data Sets (13th ed.). New York: McGraw-Hill International ed.

Malhotra, N. K. (2005). Review of marketing research Vol. 1. M.E. Sharpe.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing research : an applied orientation. Pearson.

Marketeers, E. (2015). Lezatnya Potensi Pasar Es Krim Indonesia - Marketeers. Retrieved from http://marketeers.com/lezatnya-potensi-pasar-es-krim-indonesia

Pride, W. M. & O. C. F. (1995). Pemasaran Teori dan Praktek Sehari-hari. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Simamora, B. (2002). Panduan riset perilaku konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

TOP BRAND AWARD. (n.d.). Retrieved from http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2016_fase_2

Weinstein, A., & Weinstein, A. (2004). Handbook of market segmentation : strategic targeting for business and technology firms. Haworth Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.