Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Intervening Konsumen The Premiere Grand City Surabaya

Ivonny Chandra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Surabaya merupakan kota besar yang mengikuti trend gaya hidup layaknya kota besar, salah satunya memiliki banyak sekali mall. Mall-mall tersebut tentunya juga memiliki bioskop yang merupakan sarana hiburan masyarakat. Bioskop di Surabaya adalah grup dari Cineplex 21 yang tersebar di berbagai mall, sehingga secara tidak langsung menciptakan persaingan yang ketat. Untuk menjadi pemenang dalam persaingan, Bioskop perlu memperhatikan variabel yang dapat mempengaruhi perceived value dan kepuasan pelanggan mereka, yaitu experiential marketing. The Premiere adalah salah satu merek dari Cineplex 21, yang merupakan suatu konsep bioskop yang diperlengkapi dengan fasilitas mewah, yang merupakan bentuk strategi untuk meningkatkan value dan experience bagi konsumennya.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap perceived value dan mengetahui pengaruh perceived value terhadap customer satisfaction di bioskop The Premiere Grand City Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah konklusif kausal. Sampel penelitian adalah konsumen di The Premiere di Grand City Surabaya yang telah atau pernah menonton film, mendapatkan pelayanan dan merasakan fasilitas di The Premiere selama 1 bulan terakhir, yang berjumlah 200 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap perceived value dan perceived value berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction.


Keywords


experiential marketing, perceived value, sense, feel, think, emotional value, functional value, customer satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2009). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Ferdinand, A. (2005). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen :Aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk Tesis Magister. Semarang : UNDIP.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009).Marketing management 13thed. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Kotler, P. dan Armstrong G. (2010).Principles of Marketing, 11th edition. New York : Prentice Hall International

Lee, Su-Hsin, Shu-Chen Chang, Jing-Shoung Hou, dan Chung-Hsien Lin (2008), “Night Market Experience and Image of Temporary Residents and Foreign Visitors,” 275 International Journal of Culture, Tourism, and Hospitality Research, Vol.2 No.3, pp217-233.

Lin, Chia C. (2003), “The Role of Customer Perceived Value in Generating Customer Satisfaction: An E-Bussiness Perspective,” Journal of Research in Marketing & Entrepreneurship, Vol. 5, No. 1, pp. 25-39.

Lovelock, C. H., Patterson, P.G. &Walkerm Rhett H. (2001). Services marketing : an asia-pasific perspective 2nd ed. NSW: Frenchs Forest.

Lovelock, C., Mussry, J., Putera, D.B. &Wulandari, D. (2010).Pemasaranjasa :manusia,teknologi, strategiperspektif Indonesia jilid 1, 1st ed. Jakarta : PT. Erlangga.

Smilansky, Shaz.(2009) Experiential marketing : a practical guide to interactive brand experiences, e-book. Koogan Page, London and Philadelphia.

Santoso, S. (2007) .Structural equation modeling: konsep dan alikasi dengan AMOS 18. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2012). Structural equation modeling: Konsep dan aplikasi dengan AMOS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono.(2005). Memahami penelitian kuantitatif.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Sweeney, J.C. and Soutar, G.N. (2001), “Consumer Perceived Value: The Development of A Multiple item Scale,” Journal of Retailing, Vol. 77, No. 2, pp. 203-220.

The World Facebook of Indonesia.Retrieved Agustus 18, 2012.from, https://www.cia.gov/library/ publications/the-world-factbook/geos/id.html

Tsai, Ming-Tien., Chung-Lin Tsai, dan Han-Chao Chang. 2010. The Effect of Customer Value, Customer Satisfaction, and Switching Costs on Customer Loyalty : An Empirical Study of Hypermarkets in Taiwan. Social Behaviour and and Personality ProQuest Science Journal, Vol. 38. pp. 729-740.

Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran jasa. Cetakan

pertama.Malang :Bayumedia Publishing.

Zeithaml,V.A, Bitner, M.J. &Glemler, D.D. (2009). Services marketing : integrating customer focus across the firm, 5th ed. New York :McGraw Hill.

Zeithaml,V.A, Wilson, A. &Bitner, M.J. (2009). Services marketing 4th ed. New Delhi : McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.