Pengaruh Food Choice Motives terhadap Purchase Intention melalui Attitude Towards Purchase pada Makanan Lokal Surabaya

Firmansyah Artono

Abstract


Indonesia adalah negara kepulauan dengan luas wilayah 1.919.000 km² dan memiliki lebih dari 17.504 pulau, 34 provinsi dan 50 kabupaten kota. Indonesia memiliki lebih dari 740 suku yang ada, hal ini membuat Indonesia sebagai negara dengan budaya paling kaya di dunia. Dengan banyaknya budaya yang ada di Indonesia membuat Indonesia memiliki banyak keanekaragaman terutama dalam hal kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki perbedaan jenis makanan baik itu dari segi rasa, penyajian, dan cara mengkonsumsinya. Penelitian ini akan membahas tentang Pengaruh Food Choice Motives Terhadap Purchase Intention Melalui Attitudes Towards Purchase Pada Makanan Tradisional Indonesia. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode SEM dengan menggunakan PLS sebagai alat pengukuran. Hasil penelitian ini akan mendeskripsikan hubungan sebab akibat antara food choice motives dan attitudes towards purchase terhadap purchase intention makanan tradisional di Surabaya.


Keywords


food choice motives, attitudes towards purchase, purchase intention, food motives, traditional food

References


Ajzen. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior, 2nd edition. England: Open University Press.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behaviour.

Azwar, S. (2007). Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Crowne, D. a. (1960). Journal of Consulting Psychology, Vol. 24 No. 4.

Engel, J. R., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research.

Hosein, N. Z. (2012). Measuring the Purchase Intention of Visitors to the Auto Show. Journal of Management and Marketing Research .

Kotler, P. (1999). Marketing. Jakarta: Erlangga.

Keller. (2005). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas Jilid I. Jakarta: PT.Index.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Dalam P. Kotler, & K. L. Keller, Manajemen Pemasaran.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Dalam P. &. Kotler, Manajemen Pemasaran.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Ed. 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. d. (2012). Marketing Management, Principle

of Marketing 14th edition . New Jersey: Prentice Hall.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: SAlemba Empat.

Mahfoedz, I. (2005). Ilmu Perilaku dan Aplikasinya dalam MAsyarakat. Jakarta: Rhineka Cipta.

Malhotra, N. K. (2004). Marketing Research : An Applied Orientation. New Jersey: Pearson Education Inc.

Mohd-Any, A. A. (2015). Food Choice Motives Different Ethnics and the Foodies Segment in Kuala Lumpur.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. (2004). Consumer Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Steptoe, A. P. (1995). Development of a Measure of the Motives Underlying the Selection of Food Choice Questionaire.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Toong, F. W. (2013). Impact of Changing Consumer Lifestyle on Intention to Purchase towards Green and halal Foods of the Chicken Meat Industry ini Malaysia.

Van Strien, T. F., & Defares, P. (1986). International Journal of Eating Disorders, Vol. 5 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.