Pengaruh Brand Personality Teh Javana Terhadap Purchase Intention Melalui Pendekatan Self-Image Congruence

Vicky Hanggara Limanjaya

Abstract


Abstrak - Penelitian ini merupakan penelitian kausal untuk mengetahui hubungan yang mempengaruhi antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan metode kuisioner. Sampel penelitian ini adalah 110 responden yang berdomisili di Surabaya Barat dan mengkonsumsi Teh Javana maksimal 3 bulan terakhir. Penelitian ini di analisis dengan menggunakan teknik analisis data Partial Least Square (PLS). Dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand personality terhadap self-image congruence dan self-image congruence terhadap purchase intention.

          Dengan adanya penelitian ini, diharapkan PT Wings dapat mengembangkan berbagai strategi terhadap produk baru, yaitu Teh Javana. Dengan harapan bahwa Teh Javana dapat bertahan di pasar dan mampu bertahan di tengah persaingan minuman Ready-to-Drink (RTD) yang sengit. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan pihak PT Wings dalam penentuan positioning dan promosi pemasaran.


Keywords


Brand personality, Purchase Intention, Self-Image Congruence

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1997). Managing Brand Equity : Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York, NY: Free Press.

Ahmad, A., & Thyagaraj, K. (2015). Understanding the Influence of Brand Personality on Consumer Behavior. Journal of Advanced Management Science, Vol.3, No.1.

American Marketing Association. (2014). Dipetik September 19, 2014, dari http://www.ama.org/

Amrin, A. (2007). Bisnis, Ekonomi, Asuransi, dan Keuangan Syariah. Jakarta: Grasindo.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2006). Principles of Marketing. Pearson Prentice Hall.

Assael, H. (2001). Consumer Behaviour and Marketing Action (6th ed.). Cincinatti: Thompson South-Western Publisher.

Bagozzi, R., & Yi, Y. (1988). On the Evaluation of Structural Equation Models. Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 16, No.1, 074-094.

Cannon, J. R., Perreault, W. D., & McCarthy, J. (2008). Basic Marketing (16th ed.). New York, NY: McGraw Hill.

Chebat, J., Sirgy, M., & St.James, V. (2006). Upscale Image Transfer from Malls to Stores : A Self-Image Congruence Explanation. Journal of Business Research, Vol 59 (12), 1288-1296

Elliot, R. (1997). Exestential Consumption and Irrational Desire. European Journal of Marketing, vol. 31, no. 3/4, 285-296

Euromonitor. (2015, May 17). RTD Tea in Indonesia. Dipetik April 17, 2015, dari http://www.euromonitor.com

Falk, R., & Miller, N. (1992). A Primer for Soft Modeling. University of Akrok Press. Akron.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister. Semarang: UNDIP.

Fornell C., & Larcker D. (1981). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error. Journal of Marketing Research, Vol 18, No. 1, 39-50.

Hawkins, D. I., Best, R. J., & Coney, K. A. (2001). Consumer behavior: Building marketing strategy. Boston: Irwin/McGraw Hill.

Hulland, J. (1999). Use of Partial Least Square (PLS) in Strategic Management Research: A Review of Four Recent Studies. Strategic Management Journal, Vol 20, Issue 2, 195-204.

Kertajaya, Hermawan. (2009). New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kontan.co.id. (2015, Januari 14). Wings Food Cicip Pasar Teh Botolan Lewat Javana. Dipetik Juli 12, 2015, dari http://industri.kontan.co.id

Kotler, P., & Armstrong. (2000). Dasar-Dasar Pemasaran, (terjemahan Alexander Sindoro). Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P., Burton, S., & Keller, K. L. (2008). Marketing Management. Australia: Pearson Education.

Malhotra, N. K. (2004). Marketing Research : An Applied Orientation (4th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Malhotra, N. (2005). Riset Penelitian: Pendekatan Terapan. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Marketing.co.id. (2014, Mei 05). Membangun dan Mengelola Brand Equity. Dipetik 21 April, 2015, dari http://www.marketing.co.id/

Marketing.co.id. (2014, Oktober 11). Strategi Agar Merek Dikenal Publik Sesuai Jenis Produk. Dipetik 21 April, 2015, dari http://www.marketing.co.id/

Marketing.co.id. (2014, Mei 05). Strategi Bersaing Hijup.com Pasar E-commerce. Dipetik 04 Mei, 2015, dari http://www.marketing.co.id/

Nicolino, P. F. (2001). The Complete Idiot's Guide to Brand Management. Alpha.

Pivotcon. (2013, Mei 16). The Five Dimension of Brand Personality. Dipetik 21 April, 2015, dari http://pivotcon.com/

Sirgy, M.J., (1982). Self-concept in consumer behavior: a critical review. Journal of Consumer Research 9 (3), 287–300.

Stanton, W. (1993). Prinsip Pemasaran, (terjemahan Yohanes Lamarto). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Stern, B.L., Bush, R.F., Hair Jr., J.F. (1977). The self-image/store image matching process: an empirical test. The Journal of Business 50, 63–69.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.

SWA. (2012, Agustus 7). Banyak Brand yang Tidak Mewakili Karakter Konsumen. Dipetik Mei 04, 2015, dari http://www.swa.co.id

SWA. (2013, Februari 13). Harus Jeli Menentukan Selling Point. Dipetik Mei 04, 2015, dari http://www.swa.co.id

SWA. (2012, September 15). Perkuat Pasar, Kalbe luncurkan Tiga Layanan Terbaru. Dipetik Mei 04, 2015, dari http://www.swa.co.id

SWA. (2015, Januari 24). Wings Food Ramaikan Industri Teh Kemasan Botol Plastik. Dipetik April 17, 2015, dari http://www.swa.co.id

SWA. Edisi 20/ XXVIII/ 20 September – 3 Oktober 2012. Jakarta: PT Temprint

Taylor, V., & Bearden W. (2002). The Effects of Price on Brand Extension Evaluations: The Moderating Role of Extension Similarity. Journal of the Academy of Marketing Science 30, 30-131.

Teh Javana. (2015, Januari 19). Teh Para Raja. Dipetik 15 April, 2015, dari www.teh-javana.com/

Top Brand Award. (2012, Juli 11). Prospek dan Perkembangan Industri Mnuman Ringan di Indonesia. Dipetik April 17, 2015, dari http://www.foodreview.co.id

Tribunnews.com. (2015, April 17). Teh Javana Merangsek Pasar Minuman Kemasan. Dipetik Juli 12, 2015, dari http://jogja.tribunnews.com

United Nations Environment Programme. (2013). United Nations of Environtment Program Annual Report.

Wold, H. (1982). Soft Modeling: Intermediate between Traditional Model Building and Data Analysis. Mathematical Statistics, Vol. 6, 333-346.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.