Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Koran Kompas di Surabaya

Lollen Regina Santoso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam era globalisasi, adanya persaingan bisnis yang semakin ketat menyebabkan aktifitas pemasaran dan manajemen suatu perusahaan terdorong untuk mengikuti perkembangan guna menjaga kelangsungan dari perusahaan. PT. Kompas Media Nusantara di Surabaya melakukan relationship marketing untuk memuaskan dan menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Usaha relationship marketing yang baik dapat membantu perusahaan dalam memahami keinginan dan kebutuhan sehingga perusahaan dapat memuaskan serta membangun tingkat loyalitas dari para pelanggan agar selalu setia kepada perusahaan dalam jangka waktu ke depan.

Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan koran Kompas di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan pengambilan sampel dari penyebaran kuesioner.

Keywords


relationship marketing, kepuasan, loyalitas.

Full Text:

PDF

References


Alrubaiee, L. & Al-Nazer, N. (2010). Investigate the Impact of Relationship marketing Orientation on Customer Loyalty: The Customer’s Perspective. International Journal of Marketing Studies, II, 155-164.

Garbarino, Ellen & Johnson, Mark S. (1999). The Different Roles of Satisfaction, Trust and Commitment in Customer Relationship. Journal Of Marketing. LXIII.

Khandabi, K., Klidbari, H. R., & Fadayi, M. (2014). The Effect of Relationship marketing on Customer Satisfaction of Melly Bank. Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences.

Hindarto, P. D. (2013). Hubungan Relationship marketing Dengan Loyalitas Pelanggan Ritel. Journal JIBEKA, VII, 41-46.

Ibok, N., & Sampson, E. (2014). Factors Affecting the Effectiveness of Relationship marketing in the Nigerian Telecommunication Industry: The Customer Perspective. International Journal of Managerial Studies and Research.

Japarianto, L. & Khomariyah. (2007). Analisa kualitas layanan sebagai pengukur loyalitas pelanggan. Journal of Marketing.

Malhotra, N. K. (2004) Marketing Research: An Applied Orientation (4th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Ndubisi, N.O. (2007). Relationship marketing and customer loyalty. Marketing Intelligence and Planning, XXV, 1, 98-106.

Oliver, R. L. (1999). When Consumer Loyalty?. Journal of Marketing, LXIII, 33-44.

Prabowo, B. (2008). Pengaruh Relationship marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada PT. Astra Surabaya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, VIII, 92-97.

Putri, U. P., Suharyono, Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Relationship marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis, XV, 2.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2005). Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Zeithaml, V.A., Bitner, M., & Gremler, D.D. (2006). Services marketing; integrating customer focus across the firm (4th ed.). Boston: Mc-Graw Hill.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., Gremler D. D. (2009). Services Marketing – Integrating Customer Focus Across the firm (5th ed.). New York: McGraw- Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.