Analisa Pengaruh Brand Extension Terhadap Customer Loyalty Konsumen Kecap Sedaap di Surabaya Melalui Brand Association, Brand Awareness, dan Brand Image Sebagai Variabel Perantara

Steven Boentoro

Abstract


Pertumbuhan ekonomi Negara Indonesia pada tahun 2015 semakin meningkat sehingga dibutuhkan Competitive Advantage dalam bersaing. Wings Group memanfaatkan reputasi mereknya yang baik untuk membuat produk baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Brand Extension yang telah dilakukan oleh Wings Group terhadap produk Kecap Sedaap. Penelitian ini juga melihat hubungan yang mempengaruhi Customer Loyalty pengguna produk Kecap Sedaap dengan melihat Brand Awareness konsumen Kecap Sedaap, Brand Association yang terkait dengan produk Kecap Sedaap, dan Brand Image masyarakat terhadap produk Kecap Sedaap. Dalam penelitian ini juga akan di bahas pengaruh dominan anatara variabel Brand Extension terhadap Brand Association, Brand Awareness dan Brand Image yang mempengaruhi Customer Loyalty Kecap Sedap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal yang menggunakan metode analisa data SEM (structural equation modelling). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan purposive sampling dengan karakteristik sampel adalah Konsumen yang pernah mengkonsumsi Kecap Sedaap di wilayah Surabaya dalam waktu 3 bulan terakhir terhitung mulai bulan Januari 2015 hingga Maret 2015 serta memiliki usia antara 17 – 65 tahun.

 

Kata Kunci : Brand Extension, Brand Association, Brand Awareness, Brand Image, dan Customer Loyalty

 


Keywords


Brand Extension, Brand Association, Brand Awareness, Brand Image, dan Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. A. (2005), Strategic Market Management, (Fourth ed.): John Wiley & Sons, Inc.

Aaker, David. A, Keller, Kevin L. (1992). The effect sequential introduction of brand extension. Journal of Marketing Research, pp.29.

Doraiswamy, Dilip. (2011). Assessing the Impact of Brand extensions on brand concept and brand equity: the moderating effect of consumers' perceived fit.

Hem, Leif and Iversen. (2001). Factors influencing Succesfull Brand Extension. Norwegian: Paper of Norwegian Shool of Economics and Business

Keller, Kevin L. (1998). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and. Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Kim Ngoc Phan Nabil Ghantous, (2013),Managing brand associations to drive customers’ trust and loyalty in Vietnamese banking, International Journal of Bank Marketing, Vol. 31 Iss 6 pp. 456 – 480.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta: Prehalindo.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, Jakarta: PT. Indeks.

Kuusik, Andres. (2007). Affecting customer loyalty: Do different factors have various influences in different loyalty levels. Tartu University Press.

Maholtra, Naresh, K., Birks, David., Wills, Peter. (2013). Essentials of Marketing Research. New York: Pearson.

Martines, eva & Leslie de Chernatony, (2004), Effect of brand extension strategies on brand image A comparative study of the UK and Spanish markets, International Marketing Review Vol. 25 No. 1, 2008, pp. 107-137.

Plummer, Joseph (2007), Word of Mouth a New Advertising Discipline, Journal of. Advertising.

Stageman, Nicole. (2014). Unique Brand Extension Challenges For Luxury Brands, Journal of Business & Economics Research – October 2006, Volume 4, no 10.

Sugiyono. (2012). Statistik Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Shahzad Khan, (2012). Contribution of Brand Awareness and Brand Characteristics towards Customer Loyalty (A Study of Milk Industry of Peshawar Pakistan). Journal of Asian Business Strategy, Vol. 2, No. 8, pp. 170-176.

www.voaindonesia.com/content/jokowi-optimus-2015-ekonomi-indonesia-membaik-/2583416.html

www.news.okezone.com,12/10/2014

www.wingscorp.com/content/story.php?l=2&m=257

Yu-Te Tu, Chin-Mei Wang, dan Hsiao-Chien Chang (2012). Corporate Brand Image and Customer Satisfaction on Loyalty: An Empirical Study of Starbucks Coffee in Taiwan. Journal of Social and Development Sciences Vol. 3, No. 1, pp. 24-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.