Pengaruh System Quality, Information Quality, dan Service Quality Terhadap User Satisfaction Website Lion Airlines dan Sriwijaya Airlines

Wendy Ariesta Wibowo(1*),


(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh system quality, information quality, dan service quality terhadap user satisfaction website Lion Airlines dan Sriwijaya Airlines baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri. Serta, untuk menganalisis variabel yang dominan terhadap user satisfaction website Lion Airlines dan Sriwijaya Airlines di antara system quality, information quality, dan service quality.

Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah system quality, information quality, dan service quality berpengaruh terhadap user satisfaction website Lion Airlines dan Sriwijaya Airlines secara bersama-sama dan secara sendiri-sendiri serta diketahui bahwa Di antara system quality, information quality, dan service quality maka variabel information quality berpengaruh paling dominan terhadap user satisfaction website Lion Airlines dan Sriwijaya Airlines.


Keywords


"system quality"; "information quality"; "service quality"; "user satisfaction"

Full Text:

PDF

References


Angkutan udara lebih banyak diminati, Waspada Online, 4 Agustus 2009. Retrieved from http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view= article&id=42562:-angkutan-udara-lebih-banyak-diminati&catid= 18:bisnis&Itemid=95, pada 17 Oktober 2011.

Barbie, Earl R. (2010). The Practice of Social Research. Belmont, California: Wardworth, Cengage Learning.

Belanja Lebih Praktis di Internet, Chip.co.id., 30 Desember 2010, Retrieved from http://chip.co.id/news/read/2010/12/30/53424/Belanja.Lebih.Praktis.di.Internet/1, pada 17 Maret 2011.

Sutisna, Dadan. (2008). 7 Langkah Mudah Menjadi WEB Master (plus CD). Jakarta: Mediakita.

Delone, William H. dan Ephraim R. Mclean. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems / Spring 2003, Vol. 19, No. 4, pp. 9–30. © 2003 M.E. Sharpe, Inc.

Delone, William H. dan Ephraim R. Mclean. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems / Spring 2003.

Yuhefizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet: Teknologi dan Aplikasi (plus CD). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

[11] Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

http://www2.lionair.co.id/

http://www.sriwijayaair.co.id.

Hill, Nigel, Greg Roche, dan Rachel Allen. (2007). Customer Satisfaction: The Customer Experience through the Customer's Eyes. London: Cogent Publishing Ltd.

Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Santoso, Singgih (2007). Buku Latihan SPSS: Statistik Parametrik, Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Pujani, Vera. (2011). Use of Ecommerce Websites in Developing Countries. World Academy of Science,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.