Pengaruh social media advertising terhadap customer attitude Percetakan Spectrum Surabaya melalui customer belief sebagai variabel mediasi

michael ronaldo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri percetakan kini sudah berkembang cukup besar dan mulai menjadi salah satu kebutuhan primer manusia khususnya bagi para pelajar, mahasiswa, pengusaha UMKM, dll. Salah satu strategi promosi agar bisa lebih unggul adalah melalui adanya sosial. 70% pengguna aktif internet selalu berkunjung ke platform  sosial media sebelum membeli sebuah produk atau jasa untuk mencari tahu informasi mengenai produk atau jasa tersebut. Informasi yang jelas dalam promosi di sosial media dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan atau customer belief dan juga berdampak pada bagaimana pelanggan akan berperilaku atau customer attitude terhadap brand terkait. Dalam penelitian ini, menguji pengaruh social media advertising terhadap customer attitude dengan customer belief sebagai variabel mediasi di percetakan Spectrum Surabaya. Hasilnya social media advertising memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer attitude dan customer belief. Variabel customer belief pun mampu menjadi variabel mediasi dalam penelitian ini.

Keywords


social media advertising, customer belief, customer attitude

Full Text:

PDF

References


Alfaruq, A. N. (2020). Pengaruh instagram ads (advertising) dalam membangun brand awareness clothing line hebe (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Anwar, K., & Anti, A. R. (2023). Pengelolaan dan pengembangan bisnis percetakan pada rumahgrafika pekalongan dalam perspektif etika bisnis islam. Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(2), 21-30.

Asnan, N. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap purchase intention dengan brand awareness sebagai variabel mediasi (studi kasus pada followers instagram kirin kimbap). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1).

Dolega, L., Rowe, F., & Branagan, E. (2021). Going digital? The impact of social media marketing on retail website traffic, orders and sales. Journal of Retailing and Consumer Services, 60, 102501.

Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas penggunaan sosial media tik tok sebagai media promosi ditinjau dari perspektif buying behaviors. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 112-120.

Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh sikap pelanggan dan persepsi pelanggan terhadap keputusan pembelian pada mini market mawar balimbingan. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(1), 53-60.

Ferina, N., Sri, G., & Putu, L. (2021). Does influencer marketing really improve sustainable brand awareness and sales?. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 9(1), 167-174.

Gaber, H. R., Wright, L. T., & Kooli, K. (2019). Consumer attitudes towards Instagram advertisements in Egypt: The role of the perceived advertising value and personalization. Cogent Business & Management, 6(1), 1618431.

Gunawan, C. (2019). Pengaruh social media advertising (instagram) dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian toko online rubashka. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 4(4), 590-601.

Indriany, Y., Hastuti, S., & PV, D. I. (2022). Analisis citra merek dan sikap pelanggan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi makanan online (studi kasus pelanggan aplikasi go food, grab food, shopee food). Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 205-218.

Kusumawardani, Q., & Rohmah, W. (2021). Pengaruh endorsement dan Instagram ads terhadap penjualan sport apparel pada online shop@ Bajusport_Id (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer marketing: How message value and credibility affect consumer trust of branded content on social media. Journal of interactive advertising, 19(1), 58-73.

Madjid, B., & Syahputra, S. (2019). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap volume penjualan teh botol sosro di kota bandung. eProceedings of Management, 6(3).

Mahaputra, M. R., & Saputra, F. (2021). Relationship word of mouth, advertising and product quality to brand awareness. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(6), 1099-1108.

Makrides, A., Vrontis, D., & Christofi, M. (2020). The gold rush of digital marketing: assessing prospects of building brand awareness overseas. Business Perspectives and Research, 8(1), 4-20.

Manzoor, U., Baig, S. A., Hashim, M., & Sami, A. (2020). Impact of social media marketing on consumer’s purchase intentions: the mediating role of customer trust. International Journal of Entrepreneurial Research, 3(2), 41-48.

Maria, S., Pusriadi, T., Hakim, Y. P., & Darma, D. C. (2019). The effect of social media marketing, word of mouth, and effectiveness of advertising on brand awareness and intention to buy. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(2), 107-122.

Paramesti, A., & Setyanto, Y. (2022). Strategi Komunikasi PT Indofarma Tbk dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan di Masa Pandemi. Kiwari, 1(1), 62-68.

Park, C. I., & Namkung, Y. (2022). The effects of instagram marketing activities on customer-based brand equity in the coffee industry. Sustainability, 14(3), 1657.

Pandiangan, S. M. T., Octiva, C. S., Yusuf, M., Suryani, S., & Sesario, R. (2022). The Role of Digital Marketing in Increasing Sales Turnover for Micro, Small, and Medium Enterprises. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12), 2601-2606.

Ponirah, A. (2020). Influencer marketing as a marketing strategy. Journal of Economicate Studies, 4(1), 11-16.

Pratama, C. A. Z. P., & Dewi, R. S. (2022). Pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian sunscreen wardah melalui brand awareness sebagai variabel intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)/03/BISNIS/2022 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Pratiwi, P. N., Rahmanto, A. N., & Slamet, J. (2019). Analisis e-word of mouth dalam perspektif consumer trust. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(02), 13-23.

Rachmatiyah, N. (2021). Pengaruh instagram ads (advertising), endorsement, dan electronic word of mouth (e-wom) terhadap minat beli pelanggan pada umkm acigo (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Rimadias, S., Alvionita, N., & Amelia, A. P. (2021). Using social media marketing to create brand awareness, brand image, and brand loyalty on tourism sector in Indonesia. The Winners, 22(2), 173-182.

Saydan, R., & Dülek, B. (2019). The impact of social media advertisement awareness on brand awareness, brand image, brand attitude and brand loyalty: a research on university students. International Journal of Contemporary Economics and Administrative Sciences, 9(2), 470-494.

Shareef, M. A., Mukerji, B., Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., & Islam, R. (2019). Social media marketing: comparative effect of advertisement sources. Journal of Retailing and Consumer Services, 46, 58-69.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, r&d dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan

Sumadi, S., Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh strategi pemasaran syariah, kepuasan pelanggan, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada naughti hijab store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1117-1127.

Susanto, E. S., Karisma, Y., & Isnaeni, S. (2019). Sistem informasi penjualan pada toko jilbab RJS Kabupaten Sumbawa berbasis web. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), 1(2), 97-103.

Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Mosi, I. M. (2021). Social media marketing untuk meningkatkan brand image. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 315-330.

Uyuun, S. N. (2022). Pengaruh influencer marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening pada mahasiswa feb unesa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164-174.

Vrontis, D., Makrides, A., Christofi, M., & Thrassou, A. (2021). Social media influencer marketing: A systematic review, integrative framework and future research agenda. International Journal of Consumer Studies, 45(4), 617-644.

Wahid, R. M. (2021). Implementation of paid instagram ads for fresh produce sellers affected by covid-19 pandemic in a traditional market in Palembang. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(1), 322-328.

Yanto, R. T. Y., & Prabowo, A. L. P. (2020). Pengaruh personal selling terhadap pencapaian penjualan pada produk pembiayaan kpr bersubsidi di bank btn syariah bandung. Pro Mark, 10(1).

Ye, G., Hudders, L., De Jans, S., & De Veirman, M. (2021). The value of influencer marketing for business: A bibliometric analysis and managerial implications. Journal of Advertising, 50(2), 160-178.

Yonatan, A.Z. (2023, Juni 21). Menilik pengguna sosial media indonesia 2017-2026. Diakses dari https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp

Zia, A., Younus, S., & Mirza, F. (2021). Investigating the impact of brand image and brand loyalty on brand equity: the mediating role of brand awareness. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 15(2), 1091-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.