Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Puchase Intention Melalui Consumer Perception of Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Bu Rudy

Devid Ryan Hendarto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui celebrity endorsement terhadap purchase intention melalui consumer perception of quality pada Depot Bu Rudy. Pengambilan data dilakukan dalam periode waktu 22 oktober 2023 - 13 November 2023 melalui Google Form dengan link http://petra.id/SurveyDepotBuRudy dan mendapatkan 149 responden. Responden penelitian merupakan orang yang mengikuti konten bu Rudy di media sosial dalam kurun 6 (enam) bulan terakhir. Variabel penelitian celebrity endorsement diukur dengan 6 Indikator, consumer perception of quality diukur dengan 4 indikator, dan purchase intention diukur dengan 4 indikator. Data penelitian diolah dengan menggunakan pendekatan persamaan model struktural dengan teknik Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian membuktikan adanya peran celebrity endorsement terhadap consumer perception of quality dan purchase intention.


References


CNBC Indonesia. (2023). Instagram Down, 10 Warga Negara Ini Jadi Gak Bisa Eksis. cnbcindonesia.com. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230522072058-128-439276/instagram-down-10-warga-negara-ini-jadi-gak-bisa-eksis

Databooks. (2021). Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia. Databooks.co.id https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia

Kemenperin. (2022). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3.57% di Kuartal III 2022. Kemenperin. https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022

Kominfo. (2022). Literasi Digital Masyarakat Indonesia Membaik. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39858/literasi-digital-masyarakat-indonesia-membaik/0/artikel

Kompas. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 212,9 Juta di Awal 2023. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/13/19300087/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-212-9-juta-di-awal-2023

Osei-Frimpong, K., Donkor, G., & Owusu-Frimpong, N. (2019). The Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention: An Emerging Market Perspective. Journal of Marketing Theory and Practice, 27(1), 103–121.https://doi.org/10.1080/10696679.2018.1534070

Setneg. (2019). Ekonomi Digital: The New Face of Indonesia Economy. Setneg. https://www.setneg.go.id/baca/index/ekonomi_digital_the_new_face_of_indonesias_economy

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tahir, Rusdin. (2023). Transformasi Bisnis di Era Digital (Teknologi Informasi dalam Mendukung Transformasi Bisnis di Era Digital) Universitas Padjadjaran

Tingchi Liu, M., & Brock, J. L. (2011). Selecting a female athlete endorser in China. European Journal of Marketing, 45(7/8), 1214–1235. doi:10.1108/03090561111137688


Refbacks

  • There are currently no refbacks.