PENGARUH BRAND AMBASSADOR EXPOSURE TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI BRAND IMAGE : STUDI KASUS BRAND CELINE

Victoria Alexandra Alexandra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh Brand Ambassador  terhadap Purchase Intention yang dimediasi oleh Brand Image pada Celine. Pengambilan data dilakukan dalam periode waktu 16 oktober 2023 - 30 Oktober 2023 melalui Google Form dengan link petra.id/SurveiCeline dan mendapatkan 121 responden. Variabel penelitian Brand Ambassador Exposure diukur dengan 14 Indikator, Brand Image diukur dengan 5 indikator, dan Purchase Intention diukur dengan 8 indikator. Hasil penelitian membuktikan bahwa Brand Image memiliki pengaruh langsung / direct Effect terhadap Purchase Intention. Selain itu, Brand Ambassador Exposure juga memiliki pengaruh langsung / direct Effect terhadap Purchase Intention. Brand Ambassador Exposure tidak memiliki pengaruh terhadap Brand Image secara langsung. Temuan juga menegaskan bahwa brand image tidak mampu memediasi brand ambassador exposure terhadap purchase intention.                                 


Keywords


Brand Ambassador Exposure, Brand Image, Purchase Intention

Full Text:

PDF

References


Adiawaty, S. (2020). Pandemi covid-19 dan kinerja dosen (study kasus kinerja dosen pada pt xyz). Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 185-191.

Annisa, S. M. (2023). Penerapan Human Capital Management Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Pegawai Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Menggala Provinsi Lampung Dalam Perspektif Islam (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Argantara, Z. R., Hasanah, N. W., Annisa, N., & Rohmah, Z. (2022). Implementasi Service Excellent Dalam Menigkatkan Kepuasan Nasabah Di Bank Bprs Kcp Pragaan. Masyrif: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Azwar, S. (2012). Reliabilitas Dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajaran

Benowati, S. G., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 356-370.

Ekawati, D., Sabur, F., Umar, S., & Gasma, A. (2021). Efektivitas Penyuluhan Tentang Perubahan Fisik pada Masa Pubertas Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa di SDN No. 29 Cini Ayo Jeneponto. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 2057-2064.

Enjelina, S. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Mobil Xenia Di Astra Daihatsu Lampung.

Farrel, M., & Sunaryo, S. (2022). Pengaruh brand ambassador aktor kim seon ho terhadap minat beli konsumen produk skincare everwhite dengan brand image sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(2).

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi keputusan pembelian melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(1), 30-42.

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 91-109.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hadi,S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Hartati, S., Lubis, J., & Hanum, F. (2022). The Influence of Brand Ambassador on Purchasing Decisions for Wardah Products with Brand Image As An Intervening Variable at Indomaret Sigambal. Quantitative Economics and Management Studies, 3(3), 435-439.

Haryowicaksono, B. (2022). Pengaruh Keterampilan Pengetahuan dan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan UMKM (Studi Pada UMKM saveyoursneakers Tahun 2021) (Doctoral dissertation, STIE MALANGKUCECWARA).

Hasanah, Y. N., & Kusuma, N. F. P. (2023). PENGARUH BRAND AMBASADOR NCT DREAM DAN EWOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) TERHADAP MINAT BELI PRODUK SOMETHINC. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 760-769.

Howard, Jhon A, Shay Dan Christoper, (2009). Measuring The Effect Of Marketing Information On Buying Intentions, Journal Of Servise Marketing Vol 32.No 2.

Indiani, N. L., Sudiartini, N. W. A., & Utami, N. K. A. T. (2022). Pengaruh Brand Image, Awareness Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Pada Produk Dupa Harum Grosir. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 152-163.

Indrawati, L., & Nurjanah, L. (2023). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membeli Kembali Di Aplikasi Mobile Shopping Pada Generasi Y. Management Studies And Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 3718-3734.

Intang, A. (2023). Pengaruh Fitur, Brand Image, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Cilincing (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Isnan, M. F., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Tiket. Com Di Jawa Barat. Eproceedings Of Management, 8(1).

Justika, U. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kec. Kramat Jati) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Karina, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Maskapai Garuda Indonesia Di Bandar Udara Internasional Radin Inten II (Doctoral Dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta).

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan (Konsep Pesan, Branding, Anggaran). Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition Pearson Prentice Hall

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). A framework for marketing management, sixth edition, global edition. New York City: Pearson

Liya, I., Karmila, K., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Hallyu Wave, Brand Ambassador, Brand Image Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 11-26.

Maharani, O. R., Wijayanto, H., & Abrianto, T. H. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus Pada Lipstcik Wardah). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 97-111.

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Intervening Pada Toko Online Bukalapak Di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173-194.

Muslim, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dan Brand Image Idol Kpop Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nadia, S. M., & Aulia, P. (2020). Pengaruh Brand Ambassador BTS KPOP Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Eproceedings Of Management, 7(2).

Napitupulu, B., & APRISTA, N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Medan).

Naya, I. R. W. (2023). Pengalaman Kinerja Perawat Di Klinik Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 14(1), 109-114.

Oktaviani, N., & ZA, S. Z. (2021). Pengaruh brand ambassador †œblackpink†terhadap purchase intention melalui brand image. INOVASI, 17(3), 395-402.

Pandiangan, K., Masiyono, M., & Atmogo, Y. D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471-484.

Pangkey, F. M., Furkan, L. M., & Herman, L. E. (2019). Pengaruh Artificial Intelligence Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Magister Manajemen Unram Vol, 8(3), 21-25.

Pratama, C. A., & Rakhman, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Kepuasan Pelanggan dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Acne Care Scarlett Whitening di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 621-628.

Pratiwi, A. A., & Sulistyowati, R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Consumer Preference terhadap Keputusan Pembelian Skincare Whitelab (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3298–3304. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.844

Purnama, L. W., & Novitasari, D. (2022). Brand Image Pemediasi Pengaruh Advertising Dan Brand Ambassador Idol K-Pop Pada Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 418-435.

Purnama, Z., & Syahab, M. A. (2023). Pengaruh Efektivitas Iklan, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1603-1613.

Purwaningwulan, et al .(2018). The Uniqueness of Influencer Marketing in the Indonesian Muslim Fashion Industry on Digital Marketing Communication Era. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 225, 114-115.

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap minat beli yang berdampak pada keputusan pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32-46.

Puspita, A. A. M. E. D., Trarintya, M. A. P., & Gede, I. K. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan E-Commerce Shopee Di Kota Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(6), 1152-1167.

Rahma, Y. P., & Setiawan, M. B. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Sunscreen Azarine. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 744-752.

Rahmata, K. (2020). Implementasi metode word2vec dan vector space model pada sistem temu kembali informasi pembelajaran sirah nabawiyah (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Ramadhani, H., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Equity, Viral Marketing, Brand Ambassador, Review Produk, Dan Customer Relationship, Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific Di Tiktok Shop. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 703-717.

Sabella, V. P., Hermawan, A., & Dhewi, T. S. (2022). The Influence of Brand Ambassador and Social Media Marketing on Purchase Intention Through Brand Image (Study on Consumers" Sang Dewa Snack"). International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(1).

Safitri, N. (2020). Endorsement Sebagai Trend Media Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh Sebagai Pengguna Produk Wardah Kosmetik) (Doctoral Dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Tik.

Sartika, D. (2020). Melihat Attitude And Behavior Manusia Lewat Analisis Teori Planned Behavioral. JIGC (Journal Of Islamic Guidance And Counseling), 4(1), 51-70.

Singarimbun, M Dan Effendi. (2019). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Lp3es.

Subagiyo, S., Rahman, A., & Aprilliani, A. (2023). Brand Ambassador, Minat Beli Pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 12(1), 56-68.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alphabet.

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Banaran 9 Coffee And Tea Di Gemawang, Kabupaten Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(2).

Trihadi, R. F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Song Joong Ki Dalam Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Di Kota Kediri) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Utami, N., Silalahi, P. R., & Tambunan, K. (2022). Pengaruh Brand Ambasador terhadap Keputusan Pembelian pada e-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Remaja Kota Medan). JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 41-46.

Widjaja, M. (2021). Pengaruh Harga Dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Tablet Pintar Anak Olike Edu Tab/Marco Widjaja/22189007/Brastoro.

Widowati, S. (2016). Teknologi Pengolahan Kedelai. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Bogor.

Wijaya, A. (2022). Modal sosial masyarakat digital (studi kasus pada peningkatan popularitas youtuber milenial di kota makassar) Social Capital of Digital Community: A Case Study on the Increase of Popularity of Millennial YouTubers in Makassar City (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Wulandari, S. P., Hutauruk, W. R. B., & Prasetyaningtyas, S. W. (2021). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Purchase Intention yang dimediasi Brand Image dan Brand Awareness. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 12(2), 127-138.

Yuliana, V. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic (Study Pada Mahasiswa IAIN Kudus Program Studi Manajemen Bisnis Syariah) (Doctoral Dissertation, IAIN Kudus).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.