Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Intention to Use Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Bibit

Risto Priya Pratikno(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi pengaruh Perceived Ease of Use terhadap Intention to Use, dengan Perceived Usefulness sebagai variable intervening pada pengguna aplikasi Bibit. Model penerimaan teknologi digunakan sebagai kerangka teoretis, menekankan pentingnya perceived ease of use dan perceived usefulness dalam membentuk niat pengguna untuk mengadopsi dan terus menggunakan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data survey dari pengguna aplikasi Bibit. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan berharga tentang faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi penggunaan terhadap aplikasi teknologi keuangan, khususnya dalam konteks Bibit.

Keywords


Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Intention to Use.

References


Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Andi Offset.

Andrea, H. L. P., Kartonoc, R., & Sundjajad, A. M. (2021). The effect of perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk and technology readiness on intention to use e-banking in Jakarta. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(10), 6829-6836.

Alshurideh, M. T., Al Kurdi, B., Masa’deh, R. E., & Salloum, S. A. (2021). The moderation effect of gender on accepting electronic payment technology: a study on United Arab Emirates consumers. Review of International Business and Strategy, 31(3), 375-396

Kemp, A., Palmer, E., & Strelan, P. (2019). A taxonomy of factors affecting attitudes towards educational technologies for use with technology acceptance models. British Journal of Educational Technology, 50(5), 2394-2413.

Ismail, H. A. (2016). Intention to Use Smartphone Through Perceived Compatibility, Perceived Usefulnes, and Perceived Ease of Use. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(1), 1-10.

Mujiasih, R., & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use Terhadap Trust dan Intention to buy KAI Access Tickets Online pada Generasi Millennial di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 2(3), 476-490.

Parasuraman, A. (2000), “Technology Readiness Index (TRI): A Multiple-Item Readiness to Embrace New Technology”. Journal of Service Research, Vol. 2, No. 4, pp. 307-3 Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta 20.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68

Wijayanti, M. W., Suddin, A., & Sutarno, S. (2019). Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behaviour intention to use bri digital banking pada agen brilink pt bank rakyat indonesia tbk kantor cabang magelang. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.