PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN CONSUMER PERCEPTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK ELEKTRONIK HIGH-END DI APLIKASI BELANJA ONLINE

Kelvin Kurnia Susanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berbelanja secara online yang sangat memudahkan masyarakat dalam kegiatan berbelanja. Dengan teknologi ini masyarakat dapat melakukan proses berbelanja tanpa perlu bepergian secara fisik, Sayangnya tanpa dipertemukan dengan contoh produk fisik resiko berbelanja secara online menjadi lebih tinggi terutama pada saat berbelanja produk high end yang memiliki resiko yang lebih tinggi. Maka dari itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah online reviews memiliki pengaruh terhadap perceived value dan purchase intention dalam pembelian produk high-involvement. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dengan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei melalui angket. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik penelitian PLS dan Path analysis. Hasil dari penelitian ini adalah Online Consumer Review memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Purchase Intention baik secara langsung maupun tidak langsung.

Keywords


Online Consumer Review, Consumer Perception, Purchase Intenion, Elektronik High-end, E-Commerce

Full Text:

PDF

References


Filieri, R. (2015). What makes online reviews

helpful? A diagnosticity-adoption

framework to explain informational and

normative influences in e-WOM.

Journal of Business Research, 68(6),

–1270.

https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.11

.006

Hoyer, W. D., & MacInnis, D. J. (2010).

Consumer behavior (5th ed). SouthWestern Cengage Learning.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing

management (15 [edition]). Pearson.

Lee, W.-I., Cheng, S.-Y., & Shih, Y.-T. (2017).

Effects among product attributes,

involvement, word-of-mouth, and

purchase intention in online shopping.

Asia Pacific Management Review, 22(4),

–229.

https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2017.07.

Lim, Y. J., Osman, A., Salahuddin, S. N.,

Romle, A. R., & Abdullah, S. (2016).

Factors Influencing Online Shopping

Behavior: The Mediating Role of

Purchase Intention. Procedia Economics

and Finance, 35, 401–410.

https://doi.org/10.1016/S2212-

(16)00050-2

Mangold, W. G., & Smith, K. T. (2012). Selling

to Millennials with online reviews.

Business Horizons, 55(2), 141–153.

https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.11

.001

von Helversen, B., Abramczuk, K., Kopeć, W.,

& Nielek, R. (2018). Influence of

consumer reviews on online purchasing

decisions in older and younger adults.

Decision Support Systems, 113, 1–10.

https://doi.org/10.1016/j.dss.2018.05.00


Refbacks

  • There are currently no refbacks.