PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP REPEAT PURCHASES DENGAN E-SERVICE QUALITY DAN DIGITAL PROMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GOFOOD

Hansen Eko Putro(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang dan perkembangan teknologi ini mengarahkan masyrakat menuju era yang lebih digital. Salah satunya adalah munculnya layanan pesan-antar makanan dan minuman secara online yang semakin digemari oleh masyrakat pada zaman ini. GoFood merupakan pelopor layanan pesan-antar makanan pertama yang aktif melakukan strategi digital marketing untuk menjangkau  para masyarakat yang menjadi target pasarnya. GoFood juga menerapkan digital marketing dengan menciptakan strategi marketing guna untuk mendongkrak Digital Promotion atau promosi secara digital. E-Service Quality dan Digital Promotion diharapkan dapat meningkatkan repeat purchase oleh pelanggan GoFood. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari digital marketing terhadap repeat purchase dengan e-service quality dan digital promotion sebagai variabel intervening pada layanan GoFood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh yang positif terhadap e-service quality dan digital promotion. Begitu juga dengan e-service quality dan digital promotion yang memiliki pengaruh positif terhadap repeat purchase. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan GoFood di wilayah Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan metode path analysis.


Keywords


digital marketing, e-service quality, digital promotion, repeat purchase

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) - Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Andy.

Adelia, S. (2018). Pengaruh online promotion terhadap repurchase intention dengan consumer perception sebagai mediasi pada travel online. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 94–100. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.94-100

Bagozzi, R. P., & Dholakia, U. M. (2006). Antecedents and purchase consequences of customer participation in small group brand communities. International Journal of Research in Marketing, 23, 45-61.

Bahruzen, M., D, D. K., & Nugraha, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian ulang konsumen pada toko ritel. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(1), 33–43. https://doi.org/10.23960/jpb.v3i1.9

Bala, M., & Verma, D. (2018). A critical review of digital marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321-339.

Blahe, W. (2020 Agustus 13). Strategi Marketing Gojek Yang Efektif. Retrieved from https://wahyublahe.id/strategi-marketing-gojek/

Box, D. (2020, December 17). Pengertian dan Fungsi dari Pemasaran Digital. Retrieved from https://www.dreambox.id/blog/pemasaran-digital-adalah-pengertian-dan-fungsi-dari-pemasaran-digital/

Deshinta, H., & Suyanto, A. (2020). Efektifitas promosi online pada e-commerce di indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i1.306

Digital marketing(Pengertian, manfaat, fungsi, dimensi dan strategi). (n.d.). Retrieved November 28, 2021, from https://www.kajianpustaka.com/2020/09/digital-marketing.html

Ganaie, T. A., & Ahmad Bhat, Prof. M. (2020). Relationship marketing practices and customer loyalty: A review with reference to banking industry. International Journal of Engineering and Management Research, 10(4), 118–125. https://doi.org/10.31033/ijemr.10.4.18

Izzah Nur Masyithoh & Ivo Novitaningtyas. (2021). Pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen pada marketplace tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951

Jonathan, H. (2013). Analisis pengaruh e-service quality terhadap customer satisfaction yang berdampak pada customer loyalty pt bayu buana travel tbk. The Winners, 14(2), 104. https://doi.org/10.21512/tw.v14i2.650

Karo Karo, P., & Rahman, A. (2020). Analisis pengaruh experiential marketing terhadap tingkat kepuasan peserta sports event jakabaring wonderful run palembang. PUSAKA (Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event), 2(2), 127–135. https://doi.org/10.33649/pusaka.v2i2.32

Mekari. (2020, Juli 26). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Retrieved from https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya

Mengenal fungsi media sosial, berikut pengertian dan jenisnya. (2021, May 27). Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jabar/mengenal-fungsi-media-sosial-berikut-pengertian-dan-jenisnya-kln.html

Murti, H. (2020, September 22). 4 Tujuan Promosi Digital Untuk Bisnis Online Anda. Retrieved from https://www.siapbisnis.net/tujuan-promosi

Parnataria, T. P., & Abror, A. (2019). Pengaruh customer satisfaction dan trust terhadap e-wom: Commitment sebagai variabel intervening(Studi pada mahasiswa universitas negeri padang). Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(3). https://doi.org/10.24036/jkmw0278790

Pengertian digital marketing, dimensi, fungsi, manfaat, jenis, kelebihan, dan kekurangannya. (n.d.). Retrieved November 28, 2021, from https://www.sosial79.com/2021/07/pengertian-digital-marketing-dimensi.html

Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75–82. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.75-82

Rohmawati, W., Sarsono, S., & Mawarti, F. S. (2021). Pengaruh experiental marketing, store atmosphere, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di angkringan kendi renjana klaten. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(1). https://doi.org/10.29040/jie.v5i1.1882

Santoso, A. V. (2020). Analisis pengaruh digital marketing terhadap repeat purchase dengan customer engagement dan customer experience sebagai variabel intervening pada layanan pesan-antar makanan GoFood di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2), 12. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/11201

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07

Setiawan, I. G. A., & Sukardi, S. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada situs jual-beli online. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 6(2), 179. https://doi.org/10.12928/fokus.v6i2.1663

Stephanie, C. (2021, Oktober 14). Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian (Cetakan 10). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

UKE, S. (2018, November 28). Definition of Service Quality. Retrieved from https://www.ukessays.com/essays/marketing/definition-of-service-quality-marketing-essay.php?vref=1

Wardani, A., Hartono, S., & Kustiyah, E. (2020). Keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening ditinjau dari kualitas produk dan kualitas pelayanan pada pasar triwindu surakarta. JURNAL ILMIAH

Wijaya, A. (2020, December 6). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repeat Purchase Dengan Customer Satisfaction Sebagai Mediating Variable Di De Mandailing Cafe UC Boulevard Surabaya. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/133333-ID-analisis-pengaruh-experiential-marketing.pdf

Yusuf, O. (2019, October 23). Cerita awal mula Mendikbud Nadiem Makarim mendirikan Gojek. https://tekno.kompas.com/read/2019/10/23/12010087/cerita-awal-mula-mendikbud-nadiem-makarim-mendirikan-gojek?page=all


Refbacks

  • There are currently no refbacks.