PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN ONLINE PROMOTION DAN CUSTOMER EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA STARBUCKS SURABAYA

Hansen Brian Santoso

Abstract


Starbucks merupakan salah satu pelopor kopi dan telah terkenal sejak dahulu karena telah ada di berbagai negara di dunia. Starbucks menggunakan strategi digital marketing untuk menjangkau pelanggan yang menjadi target pasarnya. Digital marketing digunakan untuk melakukan promosi secara digital melalui media sosial. Starbucks juga menerapkan digital marketing dengan memberikan user interface aplikasi dan website untuk meningkatkan customer experience. Online promotion dan customer experience diharapkan dapat meningkatkan customer loyalty pada Starbucks.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari digital marketing terhadap customer loyalty dengan online promotion dan customer experience sebagai variabel intervening pada starbucks Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh yang positif terhadap online promotion dan customer experience. Begitu juga dengan online promotion dan customer experience yang memiliki pengaruh positif terhadap customer loyalty. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan Starbucks di wilayah Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan metode path analysis.

Keywords


digital marketing, online promotion, customer experience, customer loyalty

Full Text:

PDF

References


Aizeindrayoga. (2019, April 7). ALASAN

PELANGGAN BERKUNJUNG KE KEDAI

KOPI. Majalah Otten Coffee.

https://majalah.ottencoffee.co.id/alasan

-pelanggan-berkunjung-ke-kedai-kopi/

Ballantine. (2018, July 10). 10 Clear Reasons Why

You Need Digital Marketing... Ballantine;

Ballantine.

https://www.ballantine.com/10-

undeniable-reasons-need-digitalmarketing/

Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing :

Inovasi Pemasaran yang Membuat

Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta:PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Chen, S.-C., & Lin, C.-P. (2014). The impact of

customer experience and perceived

value on sustainable social relationship

in blogs: An empirical study.

Technological Forecasting & Social

Change.

Heidrick and Struggles. 2009. The Adoption of

Digital Marketing in Financial. Services

Under Crisis.

Kusnandar, V. B. (2021, July 12). Penetrasi

Internet Indonesia Urutan ke-15 di Asia

pada 2021 | Databoks.

Databoks.katadata.co.id.

https://databoks.katadata.co.id/datapub

lish/2021/07/12/penetrasi-internetindonesia-urutan-ke-15-di-asia-pada2021

Mertes, A. (2019, April 15). Building a

Community: Why Starbucks Gets

Customer Service... Quality Logo

Products Digest | a Promo Products Blog;

Quality Logo Products.

https://www.qualitylogoproducts.com/b

log/building-community-starbucks-getscustomer-service-right/

Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017).

Marketing research: An applied

approach. Pearson Education Limited.

Meyer, Christoper dan Andre Schwager. 2007.

Understanding Customer

Experience.Havard Business Review.

Nasermoadeli, Amir., Choon-Ling, Kwek.,

Maghnati, Farshad. 2012. Evaluating the

Impact of Customer Experience on

Repurchase Intention. International

Journal of business and management

vol.8, No.6 2013. 128 138

Priharto, S. (2020, March 5). Pengertian digital

marketing, jenis, dan manfaatnya bagi

bisnis. https://accurate.id/marketingmanajemen/pengertian-dan-jenis-digitalmarketing/

Redaksi. (2021, March 14). Data Statisik

International Coffee Organization (ICO)

Ungkap Indonesia Masuk Empat Besar

Pengeskpor Kopi Dunia. Floresku.com.

https://floresku.com/read/data-statisikinternational-coffee-organization-icoungkap-indonesia-masuk-empat-besarpengeskpor-kopi-dunia

Starbucks. (2021, July 19). Wikipedia.

https://id.wikipedia.org/wiki/Starbucks

Starbucks’ digital marketing strategy: How do

they do it? (2020, March 2). Phlywheel.

https://www.phlywheel.com/articles/ma

rketing-strategy/starbucks-digitalmarketing-strategy-how-do-they-do-it/

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Edisis ke

dua. Yogyakarta : ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.