ANALISIS PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA GENERASI Z PENGGUNA TOKOPEDIA

Joses Timothy Susanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Z Pengguna Tokopedia. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui online survey menggunakan instrumen kuesioner dengan jumlah responden 100 responden. Responden adalah kelompok generasi z dengan rentang umur 18-24 tahun pengguna tokopedia yang berbelanja Tokopedia minimal sekali dalam tiga bulan terakhir. Data diolah menggunakan pendekatan persamaan model struktural dengan teknik Partial Least Square. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle dapat mempengaruhi sikap Impulse Buying seseorang. 


Keywords


Hedonic Shopping Motivation; Shopping lifestyle; Impulse buying

References


Meodia, A. (2020, November 4). Ada 12 juta pengguna baru “e-commerce” selama pandemi. Antaranews. https://www.antaranews.com/berita/1821308/ada-12-juta-pengguna-baru-e-commerce-selama-pandemi

UMKM Masuk E-Commerce di RI Tambah 6,5 Juta. (2021, August 7). CNNIndonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210807160341-92-677709/umkm-masuk-e-commerce-di-ri-tambah-65-juta

Populix. (2020, November 9). Menelusuri Lebih Jauh Tren Belanja Online Masyarakat Indonesia. Populix.

Judith, P. (2020, September 18). Konsumen Membeli Barang di E-dagang Tanpa Rencana. Kompas.id. . Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2020/09/18/konsumen-membeli-barang-di-e-dagang-tanpa-rencana?status=sukses_login&status_login=login&isVerified=false

Hidayat, F. (2021, August 7). Belanja Daring Meningkat saat Pandemi, Tokopedia Terbanyak Dikunjungi. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/ekonomi/810987/belanja-daring-meningkat-saat-pandemi-tokopedia-terbanyak-dikunjungi

Rahma Sefiska Widia, & Septrizola Whyosi. (2019). Pengaruh Hedonic ShoppingMotivation dan Shopping Lifestyle terhadap E-Impulse Buying Mahasiswi Universitas Negeri Padang pada Lazada.co.id. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausah.

Mantap! Tokopedia Kalahkan Para Marketplace Impor. (2021, April 17). Republika.Co.Id.

Christina, Whidya Utami, 2014, Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, edisi 2. Jakarta: Salemba Empat. Hursepuny Crusyta Valencia, & Oktafani Farah. (2018). PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN SHOPEE_ID THE INFLUENCE OF HEDONIC SHOPPING MOTIVATION AND SHOPPING LIFESTYLE ON IMPULSE BUYING AT CONSUMERS SHOPEE_ID. Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi Dan Bisnis.

Lee Burton, J., Gollins, J., McNeely, L. E., & Walls, D. M. (2019). Revisiting the Relationship between Ad Frequency and Purchase Intentions. Journal of Advertising Research, 59(1). https://doi.org/10.2501/JAR-2018-031

Pradhan, V. (2018). Study on Impulsive Buying Behavior among Consumers in Supermarket in Kathmandu Valley. Journal of Business and Social Sciences Research, 1(2).

https://doi.org/10.3126/jbssr.v1i2.20926

Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(2), 129. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.362

Widagdo, B., & Roz, K. (2021). Hedonic Shopping Motivation and Impulse Buying: The Effect of Website Quality on Customer Satisfaction. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 395–405. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.395

Felicia Lumintang, F. (2012). PENGARUH HEDONIC MOTIVES TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI BROWSING DAN SHOPPING LIFESTYLE PADA ONLINE SHOP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen.

Tirmizi Muhammad Ali, Rehman K U, & Saif M I. (2009). An Empirical Study of Consumer Impulse Buying Behavior in Local Markets. European Journal of Scientific Research, 28(4), 522–532. http://www.eurojournals.com/ejsr.htm

Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). PENGARUH SHOPPING LIFE STYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR MASYARAKAT HIGH INCOME SURABAYA. Journal Manajemen Pemasaran.

Asning Kosyu Kadarisman Hidayat Yusri Abdillah, D. (2014b). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 14(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bhakat, R. S., & Muruganantham, G. (2013). A Review of Impulse Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, 5(3). https://doi.org/10.5539/ijms.v5n3p149


Refbacks

  • There are currently no refbacks.