Pengaruh Influencer Online Marketing RAFFINAGITA Terhadap Purchase Intention Produk MS GLOWMEN dengan Behavior Control Sebagai Variabel Moderating di Instagram (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Kristen Petra)

Sutantio Hilton Imawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh influencer online marketing RaffiNagita terhadap purchase intention produk MS Glow Men dengan behavior control sebagai variable moderating di Instagram. Penelitian ini melibatkan sebanyak 200 responden yang merupakan pengikut RaffiNagita di Instagram. Penelitian ini menggunakan teknik Analisa Data Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Influencer Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention MS Glow Men tapi tidak dimoderasi oleh Perceived Behavior Control.

Keywords


Influencer online marketing, RaffiNagita, MS Glow Men, Purchase intention, Perceived behavior control.

Full Text:

PDF

References


Adani, M. R. (2020). Pengertian Internet, Sejarah, Perkembangan dan Dampaknya. From : https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-internet/

Ajzen, I. (2005). The theory of planned behaviour. Organizational Behaviour and Human Decision Processes. 50(2), 179-211.

Athayde, R. (2009). Measuring enterprise potential in young people.Entrepreneurship theory and practice. 481-500.

Brown, D., & Hayes, N. (n.d.). Influencer Marketing, Who really influences your customers. UK: Elsevier Ltd.

Devi, R. S. (2019). Sejarah Internet dan Perkembangannya Hingga Kini. Retrieved August 10, 2021, From : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4713807/sejarah-internet-dan-perkembangannya-hingga-kini

Effendy, O. U. (2003). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Ilmu Komunikasi teori dan Praktek.

Gillin, P. (2007). The New Influencers: A Marketer's Guide to the New Social Media, Word Dancer Press.

Ismail, V. Y., & Zain, E. (2008). Peranan Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavior Control terhadap Intensi Pelajar SLTA untuk memilih Fakultas Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(3).

Keller, E., & Berry, J. (2003). The Influentials: One American in Ten Tells the Other Nine How to Vote, Where to Eat, and What to Buy, Free Press.

Kotler. (2000). Marketing Management. New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, & Keller. (2012). Marketing Management (Vol.14). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Pretince Hall.

Lararenjana, E. (2021). Berikut Fungsi Instagram yang Paling Utama, Bisa untuk Kembangkan Bisnis.

Luo, & Yuan. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58-73.

Mamori, D. R., Najib, M., & Maulana, A. (2020). Determinants of Interest in Using Travel Vlogs on Youtube as a Reference for Travelling. Journal of applied Management, 18(4), 622-631.

Moe. (2003). Buying, Searching, or Browsing:Differentiating Between Online Shoppers using InStore Navigational Clickstream. JOURNAL OF CONSUMER PSYCHOLOGY, 29-39.

Patria, R. (2020). 5 Fitur Instagram Terbaru Untuk Bisnis Online. https://www.domainesia.com/tips/5-fitur-instagram-terbaru-untuk-bisnis/

Penitasari, N. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Abon Lele. Management Marketing. 10-24.

Saima, & Altaf, K. M. (2020). Effect of Social Media Influencer Marketing on Consumers’ Purchase Intention and the Mediating Role of Credibility. Journal of Promotion Management, 1-22.

Sandari, A. A. (2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya

Schach, & Lommatzsch, T. (2018). Marketing and PR with digital opinion leaders. Influencer relations.

Shimp, T., & Andrews, C. (2013). Advertising, promotion, and others aspects of integrated Marketing communications. Ohio : South - Western Learning Language..

Solis. (2012). The Rise of Digital Influence. (1st ed.). United States: altimeter Group.

Spears, & Singh, S. N. (2008). Measuring Attitude Toward the Brand and Purchase Intentions. Journal of Current Issues and Research in Advertising, 26(2), 53-66.

Swastha, D. B., & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern.

Ubaidah, A. N. (2018). Inilah Berbagai Media Sosial Pilihan Para Influencers.

Wahyuningsih, R. (2020, April 24). Tips Bisnis. Maksimalkan 5 Strategi Marketing Media Sosial Ini Biar Jualan Online Makin Laris. https://www.cermati.com/artikel/maksimalkan-5-strategi-marketing-media-sosial-ini-biar-jualan-online-makin-laris

Widyananda, R. F. (2020, Juny 4). 10 Macam Media Sosial yang Paling Sering Digunakan Oleh Orang Indonesia. https://www.merdeka.com/jatim/10-macam-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-oleh-orang-indonesia-kln.html?page=all

Zaharova, K. (2015). How to Sell on Instagram : The Ultimate Guide.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.