ANALISIS PENGARUH ATTRIBUTES PRODUCT QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA RESTORAN CEPAT SAJI PIZZA HUT DI SURABAYA

Monica Oktavia Boenadi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memahami pengaruh atribut dalam kualitas produk terhadap minat pembelian ulang pelanggan pada restoran cepat saji yang memiliki citra merek baik. Minat pembelian tersebut akan menunjukan jika perusahaan berhasil menjadi pilihan dalam ekonomi yang tidak stabil. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, yang mengukur dimensi attribut pada variabel kualitas produk terhadap minat beli ulang. Pengukuran dilakukan dengan mengumpulan data sekunder dan survei. Kemudian didapatkan hasil bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap minat pembelian ulang pada Restoran Cepat Saji Pizza Hut, dan pengaruhnya dikategorikan sebagai pengaruh besar.

Keywords


citra merk, kualitas produk, minat beli ulang, pola konsumsi

References


Amoako, G. K., Doe, J. K., & Neequaye, E. K. (2021). Online innovation and repurchase intentions in hotels: the mediating effect of customer experience. International Hospitality Review.

cfns. (2020, Oktober 6). Tantangan Dan Tren Pola Konsumsi Masyarakat di Indonesia Berubah? Tantangan dan Tren Pola Konsumsi Masyarakat di Indonesia Berubah Comments. https://cfns.ugm.ac.id/2020/10/06/tantangan-dan-tren-makanan-di-indonesia-berubah/.

Espinosa, J. A., Ortinau, D. J., Krey, N., & Monahan, L. (2018). I’ll have the usual: how restaurant brand image, loyalty, and satisfaction keep customers coming back. Journal of Product & Brand Management.

Garvin, D.A. (1987). “Competing on the eight dmensions of quality”. Harvard Business Review, Vol. 65 No. 6, pp. 101-9.

Ginanjar, D. (2021, Februari 2). Jumlah Penduduk surabaya capai 2.874.314 jiwa. JawaPos.com. https://www.jawapos.com/surabaya/02/02/2021/jumlah-penduduk-surabaya-capai-2-874-314-jiwa/

Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson.Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2002). Customer repurchase intention: A general structural equation model. European journal of marketing.

Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European business review.

Hidayat, A. (2018, Agustus 25). Partial least square. Uji Statistik. https://www.statistikian.com/2018/08/pengertian-partial-least-square-pls.html.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian bisnis dan manajemen menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya.

Juneja, P. (2015). MSG Management Study Guide. Brand Image - Meaning and Concept of Brand Image. Retrieved November 21, 2021, from https://www.managementstudyguide.com/brand-image.htm.

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, measuring, and managing customer-based brand equity. Journal of marketing, 57(1), 1-22.

Madrim, S. (2020, September 15). BPS: 10,1 PERSEN Usaha Kecil Tutup KARENA CORONA. BPS: 10,1 Persen Usaha Kecil Tutup Karena Corona. https://www.voaindonesia.com/a/bps-10-1-persen-usaha-kecil-tutup-karena-corona/5584475.html.

Malik, M. E., Naeem, B., & Munawar, M. (2012). Brand image: Past, present and future. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(12), 13069-13075.

Pizza Hut. (n.d.). Outlet Location. Pizza Hut Order Now! https://www.pizzahut.co.id/stores?utm_source=search&utm_medium=cpa&utm_campaign.

Polancik, Gregor. (2009). Empirical Research Method Poster. Jakarta.

PT Sriboga Raturaya. (2018). Pizza Hut Restaurant. Pizza Hut Restaurant (PHR) - PT Sarimelati Kencana Tbk. Retrieved October 8, 2021, from http://www.sarimelatikencana.co.id/summary-brand.php?id=5.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Sebastianelli, R., & Tamimi, N. (2002). How product quality dimensions relate to defining quality. International Journal of Quality & Reliability Management.

Shaharudin, M. R., Mansor, S. W., & Elias, S. J. (2011). Food quality attributes among Malaysia’s fast food customer. International Business and Management, 2(1), 198-208.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Syafnidawaty. (2020, November 4). HIPOTESIS. UNIVERSITAS RAHARJA. https://raharja.ac.id/2020/11/04/hipotesis/.

Rabbani, A. (2020, Juni 9). Pengertian Populasi DAN Sampel Serta Teknik SAMPLING. Sosiologi79. https://www.sosiologi79.com/2017/04/pengertian-populasi-dan-sampel-serta.html.

Wahono, R. S. (2012, Agustus 7). Kiat menyusun KERANGKA PEMIKIRAN PENELITIAN. RomiSatriaWahono. https://romisatriawahono.net/2012/08/07/kiat-menyusun-kerangka-pemikiran-penelitian/

Wahyuni, N. (2014, November 1). Uji validitas DAN RELIABILITAS. BINUS QMC. https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.