PENGARUH PRODUCT QUALITY TERHADAP REPURCHASE HANDPHONE SAMSUNG DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI PERANTARA

Rheo Alfonso Setiawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Dalam suatu perusahaan, Kualitas produk merupakan komponen penting dalam menjaga dan mempertahankan loyalitas pelanggan, yang dimana kualitas produk didukung oleh kepuasan pelanggan yang menjadi kunci untuk pembelian kembali suatu produk yang merupakan latar belakang dalam penelitian ini. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling dan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin yang hasilnya telah dibulatkan menjadi 100 responden yaitu pengguna handphone merek Samsung yang beromisili di Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Proses transformasi dan perhitungan data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang dan juga kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Lalu kepuasan pelangggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian ulang.

 

Kata kunci: kualitas produk, beli ulang, kepuasan pelanggan, samsung.


Keywords


kualitas produk; beli ulang; kepuasan pelanggan; samsung.

References


Agustina, D., & Rimbawan, N. (2014). Pengaruh service quality dan product quality terhadap customer satisfaction pada rumah makan ayda. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(6), 253498.

Djoyohadikusumo, S. (2017). Pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty pada pembelian tiket online pesawat di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 587–602.

Navarone, N., & Evanita, S. (2019). Pengaruh service quality dan brand trust terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction sebagai mediasi pada produk smartphone samsung di kalangan mahasiswa kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01, 50–62.

Razak, SE., MS., I., & Sari, N. P. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(3), 11–19. https://doi.org/10.35137/jmbk.v5i3.160

Rifai, A. (2015). Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengukur ekspektasi penggunaan repositori lembaga: Pilot studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Al-Maktabah, 14(1), 56–65.

Saintz, J. (2018). Pengaruh perceived service quality terhadap repurchase dan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada fast food restaurant di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 77–83.

https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.77-83


Refbacks

  • There are currently no refbacks.