PENGARUH BRAND IMAGE dan DIGITAL MARKETING PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE terhadap MINAT BELI MASYARAKAT di SURABAYA

Nicholas Adrian Rahardjo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Brand image yang baik merupakan salah satu kunci penting yang mampu mendukung kesuksesan suatu perusahaan, sebab pada saat ini cukup sulit untuk menemukan brand dari suatu produk yang tidak memiliki kompetitor. Oleh karena itu, brand image yang bagus perlu dimiliki oleh setiap produk untuk mempengaruhi minat beli masyarakat. Namun bukan hanya brand image saja yang perlu diperhatikan, karena pada saat ini zaman sudah berganti ke era globalisasi dengan teknologi yang serba canggih, banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan digital marketing untuk melakukan aktivitas bisnisnya. Hal ini bertujuan supaya bisa memberikan kepraktisan kepada calon customernya dan tentunya bisa mempengaruhi minat beli mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah brand image dan digital marketing dari Prudential bisa mempengaruhi minat beli masyarakat. Pada penelitian ini, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang mempertimbangkan ciri-ciri sample yang akan diperlukan yaitu nasabah asuransi Prudential di Surabaya yang berjumlah 100 orang dan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dan diproses menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image Prudential memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli masyarakat, sedangkan digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli masyarakat.


Keywords


Brand image, digital marketing, minat beli, Prudential.

Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. (2014). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7.

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf

Ambarwati, M., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2015). ( Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent ). 25(1).

Damian, R., & Jones, C. (2008). Marketing strategies for engaging the digital generation.

Devita, E. M., & Agustini, M. Y. D. H. (2019). Country of Origin and Brand Image on Purchase Decision of South Korean Cosmetic Etude House. Journal of Management and Business Environment (JMBE), 1(1), 55–70. http://journal.unika.ac.id/index.php/JMBE/article/view/2115

Dits Prasanti, D. R. F. (2018). Penelitian Studi Kepustakaan. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(April), 15.

El-Gohary, H. (2012). Factors affecting E-Marketing adoption and implementation in tourism firms: An empirical investigation of Egyptian small tourism organisations. Tourism Management, 33(5), 1256–1269. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2011.10.013

Foster, B., & Johansyah, M. D. (2019). The effect of product quality and price on buying interest with risk as intervening variables (study on Lazada.com site users). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(12), 66–78.

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Edisi dua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Fuad. (2005). Structural Equation Modelling: Teori, konsep, dan aplikasi dengan lisrel 8.54. Semarang: Universitas Diponegoro.

Heidrick and Struggles. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.

Hilla Brink, C. V. (2006). FUNDAMENTALS OF RESEARCH METHODOLOGY FOR HEALTH CARE PROFESSIONAL. Cape town: Landsdowne.

Jogiyanto (2019). Konsep & aplikasi PLS untuk penelitian empiris. BPFE Yogyakarta.

Kala, D., & Chaubey, D. S. (2018). The effect of eWOM communication on brand image and purchase intention towards lifestyle products in India. International Journal of Services, Economics and Management, 9(2), 143–157. https://doi.org/10.1504/IJSEM.2018.096077

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. (13th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, measuring, managing. Journal of Marketing, 57, 1–22.

Kotler. P & Amstrong, G. (2014). Principle of Marketing (15th ed). United Kingdom: Pearson Education Limited.

Kuncoro, M. (2013). Metoda Riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Balai Pustaka.

Macrae, C. (1998). ‘Strategic brand management.’ In Journal of Brand Management (Vol. 5, Issue 6). https://doi.org/10.1057/bm.1998.36

Patterson, M. (1999). Re-appraising the concept of brand image. Journal of Brand Management, 6(6), 409–426. https://doi.org/10.1057/bm.1999.32

Polit, D.F., & Hungler, B.P. (1999). Nursing Research: principles and method. Phildelphia: JB Lippincott Company

Rowe, J. W. F., & Clark, F. E. (1927). Principles of Marketing. In Economica (Issue 19). https://doi.org/10.2307/2548367

Sa’diyah, K., Kurniati, R. R., & Zunaida, D. (2019). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ASURANSI PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE Cabang Sukun. Jiagabi, 8(3), 163–169.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta

Setiadi, N.J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Prenada Media

Smith, S. M., & Albaum, G. S. (2010). An Introduction to Marketing Research.

Sudibyo, P. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif.

Widhiarso, W. (2011). Berkenalan dengan Variabel Moderator. Draft, 1–5.

Wymbs, C. (2011). Digital marketing: The time for a new “academic major” has arrived. Journal of Marketing Education, 33(1), 93–106. https://doi.org/10.1177/0273475310392544

Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. The International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006

Yin, R. K., & Heald, K. A. (1975). Using the Case Survey Method to Analyze Policy Studies. Administrative Science Quarterly, 20(3), 371. https://doi.org/10.2307/2391997

Young Kim, E., & Kim, Y. (2004). Predicting online purchase intentions for clothing products. European Journal of Marketing, 38(7), 883–897. https://doi.org/10.1108/03090560410539302

Zickmund, W.G. (2003). Business Research Methods. (7TH ed), Thomson South Western, Ohio: Cengage Learning EMEA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.