ANALISIS PENERAPAN BUDAYA KERJA KAIZEN PADA PT ISTANA MOBIL SURABAYA INDAH

Ronny Jimantoro(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Honda Surabaya Center (PT IMSI) adalah sebuah perusahaan yang berbentuk PT (Perseroan Terbatas). Honda Surabaya Center bergerak dalam bidang otomotif. Pene­litian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan Budaya Kerja Kai­zen dalam perusahaan. Kaizen adalah suatu Budaya Kerja dari Jepang yaitu suatu perbaikan yang dilakukan secara terus-menerus. Jenis penelitian adalah kuali­tatif deskriptif untuk menggali informasi secara mendalam dengan menggunakan metode wawancara. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan meng­gunakan purposive sampling. Se­dangkan untuk menguji keabsahan data yaitu meng­gunakan triangulasi sumber. Hasil pembahasan dari penelitian ini menun­jukan bahwa PT IMSI telah mene­rapkan 3 konsep Kaizen beser­ta standarisasinya dengan baik dalam perusahaan, yai­tu: Konsep PDCA, Konsep 5S, Konsep 3M, dan Standarisasi Kaizen. Ada­pun ber­bagai kendala yang dihadapi terkait penerapan Kaizen ini dan respon dari karya­wan yang sejauh ini positif terhadap penerapan Budaya Kerja Kaizen ini dalam perusa­haan.


Keywords


Budaya Kerja, Kaizen, PDCA, 5S, 3M, Standarisasi Kaizen.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.