STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PLASTIC HOUSEWARE PADA PT. MULTIPLAST INDOJAYA (STUDI KASUS PADA ASPEK PEMASARAN)

Sandra Angelina(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengelolaan dan pengembangan usaha plastic houseware pada PT. Multiplast Indojaya dengan melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Penetapan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Kemudian data diuji keabsahannya dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perusahaan yang terdiri atas fungsi Planning, Organizing, Actuating, Controlling sudah berjalan dengan baik. Dari analisis lingkungan internal pada empat aspek, yaitu Pemasaran, Keuangan, Produksi atau Operasi, dan Sumber Daya Manusia, diketahui terdapat permasalahan pada aspek Pemasaran. Sedangkan untuk menganalisis lingkungan eksternal digunakan Porter’s Five Forces. Menunjukan bahwa, persaingan antar perusahaan saingan besar, potensi masuknya pesaing baru cukup besar, potensi pengembangan produk pengganti yang rendah, daya tawar pemasok yang lemah, dan daya tawar konsumen yang tinggi. Hasil dari analisis lingkungan internal dan eksternal tersebut diolah ke dalam analisis SWOT. Dari hasil analisis, dapat disarankan bagi PT. Multiplast Indojaya untuk menerapkan strategi-strategi intensif

Keywords


Pengelolaan dan Pengembangan, Strategi-strategi intensif, Usaha plastic houseware

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.