PENGEMBANGAN BISNIS PADA DEPOT DAHLIA MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Jeffrey Yosh Pradipta(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan dari bisnis kuliner di Surabaya memunculkan kesempatan untuk siapa saja yang memiliki keahlian di bidang kuliner untuk membuat bisnis sendiri. Sebuah kesempatan juga untuk kuliner tradisional Depot Dahlia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memformulasikan pengembangan bisnis Depot Dahlia menggunakan Business Model Canvas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini menganalisa model bisnis yang digunakan oleh Depot Dahlia menggunakan Business Model Canvas, lalu menganalisa setiap elemen menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats). Hasil analisis setiap elemen tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk membuat rencana pengembangan bisnis yang baru dengan menggunakan Business Model Canvas. Dari hasil penelitian, Depot Dahlia disarankan untuk memaksimalkan setiap elemen di Business Model Canvas, dengan cara membuat cabang agar lebih menjangkau pelanggan, menambah menu aneka rujak yang berasal dari daerah lain dan menambah layanan katering .


Keywords


Bisnis model, Business Model Canvas, Kuliner tradisional, Analisa SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.