PENERAPAN ETIKA KORPORASI PADA PT MERAK PUTRA (MP)

Anthony Fernando Yo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Persaingan bisnis dalam masa ini memaksa para perusahaan yang satu dengan yang lain saling berebut pasar untuk mengembangkan diri dalam pembangunan ekonomi dan mengikuti mekanisme pasar yang ada. Semakin berkembangnya perusahaan-perusahaan baik yang bergerak dalam bidang barang dan jasa menimbulkan pertanyaan bagi perusahaan-perusahaan lain apakah masi adakah perilaku etika dalam bisnis. Karena kegiatan bisnis mencakup berbagai aspek yang berkaitan dimulai dari aspek individu, perusahaan dan juga masyarakat yang berkesinambungan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Begitu juga dengan PT Merak Putra. PT Merak Putra adalah perusahaan yang bergerak dibidang angkutan darat. PT Merak Putra selalu berpegang teguh pada etika bisnis yang ada sesuai dengan norma dan aturan yang belaku baik bagi individu dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dalam menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini ditemukan PT Merak Putra menganut etika deontologi karena dalam menjalankan kegiatan bisnisnya perusahaan telah bertindak baik sesuai dengan prinsip kewajiban. PT Merak Putra telah menjalankan implementasi etika korporasi kepada para (pemerintah, distributor, pekerja, investor, masyarakat dan lingkungan sekitar).

 


Keywords


Etika korporasi, Deontologi, Moral

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.