STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PERUSAHAAN DAERAH (STUDI KASUS PADA HOTEL DANDANG TINGANG, PALANGKARAYA)

Eko Swastika Swares(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia masih membuka peluang besar bagi perkembangan industri perhotelan. Ini juga merupakan peluang bagi Hotel Dandang Tingang yang memiliki lokasi strategis di Kota Palangkaraya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa aspek internal dan eksternal serta merancang strategi pengembangan bisnis pada Hotel Dandang Tingang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini melakukan analisis lingkungan internal pada Hotel Dandang Tingang menggunakan teori Resources Based View, analisis lingkungan eksternal menggunakan teori Porter Five Forces, serta analisis rencana pengembangan bisnis menggunakan teori Strategi Generik. Hasil penelitian ini adalah Hotel Dandang Tingang harus menjalankan pengembangan bisnis dengan strategi diferensiasi, yaitu perusahaan menjadi hotel dengan fasilitas dan pelayanan yang berbeda dari para pesaing.

 


 


Keywords


Pengembangan, Porter Five Forces, Resources Based View, Strategi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.