ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA KORPORASI DI PT. PETROLINDO MITRA MIGAS

Cicilia Kartika Sari(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Petrolindo Mitra Migas adalah salah satu perusahaan agen LPG tiga kilogram yang berdomisili di Pasuruan. Seperti yang kita ketahui, seiring dengan semakin diterimanya penggunaan LPG di kalangan masyarakat saat ini, semakin banyak pula kecurangan yang terjadi mengenai kasus LPG tiga kilogram. Dalam proses operasionalnya, PT. Petrolindo Mitra Migas memiliki tujuan utama, yaitu dapat menyalurkan LPG tiga kilogram sampai ke masyarakat dengan tepat sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana data diperoleh dari wawancara dan dalam uji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Dan hasil dari penelitian ini adalah PT. Petrolindo Mitra Migas tidak menganut etika utilitarianisme yang hanya memikirkan keuntungan dan kepentingan mayoritas, relativisme yang tidak mengakui adanya standar moral, pragmatisme yang mengutamakan kepraktisan tanpa memikirkan nilai moral, dan situasi yang selalu tergantung pada situasi yang terjadi, melaikan menganut etika deontologi yang selalu menaati peraturan dan standar yang mutlak. PT. Petrolindo Mitra Migas juga telah mengimplementasikannya kepada pemerintah, pemasok, konsumen, karyawan, kompetitor, lingkungan dan masyarakat.


Keywords


Etika Korporasi, Deontologi, Implementasi Etika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.