FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DEPOT BAKSO PAK DJO

Vincent Dwi Pangaribowo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat pesat, khususnya di bidang industri makanan. Banyak UMKM yang bermunculan tetapi tidak banyak yang dapat bertahan dalam jangka panjang karena banyak kendala dan persaingan yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan pada Depot Bakso Pak Djo, sebagai salah satu UMKM di bidang industri makanan, dengan maksud untuk menganalisa lingkungan internal dan eksternal dari Depot Bakso Pak Djo. Selain itu penelitian ini juga dimaksudkan untuk merumuskan alternative strategi pengembangan usaha Depot Bakso Pak Djo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara semi terstruktur kepada informan yang ditentukan dengan teknik snowball sampling, kemudian uji validitas data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil dari analisa internal dan eksternal usaha, selanjutnya dianalisa dengan analisa SWOT, kemudian ditentukan alternatif strategi yang efektif untuk pengembangan Depot Bakso Pak Djo adalah dengan strategi pengembangan pasar. Strategi tersebut dapat diterapkan dengan kebijakan-kebijakan seperti membuka cabang baru atau menawarkan waralaba, menetapkan standar operasional perusahaan, dan memperkuat fungsi-fungsi internal bisnisnya.

Keywords


Pengembangan Usaha, Depot Bakso Pak Djo, Formulasi Strategi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.