TAHAPAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PERENCANAAN SUKSESI KEPEMIMPINAN GENERASI KE-TIGA PADA PERUSAHAAN KELUARGA PT. LUBRICAL SUGA SEJAHTERA DI PASURUAN

Yonathan Popo Sudibyo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bisnis keluarga memiliki pengaruh yang besar terhadap perekonomian suatu negara dan dunia, tetapi hanya sekitar satu dari tiga perusahaan yang dapat bertahan ke generasi kedua dan untuk generasi ketiga hanya 10% sampai 20%. Oleh karena itu penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan perencanan suksesi kepemimpinan dan menganalisis faktor pendukung serta penghambat perencanaan suskesi kepemimpinan di PT. Lubrical Suga Sejahtera.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Lubrical Suga Sejahtera telah mengimplementasikan tahapan-tahapan perencanaan suksesi yaitu, menetukan aturan nilai dasar dan pengembangan calon suksesor sedangkan tahap transisi belum dilakukan. Ada empat hal menjadi faktor pendukung perencanaan suksesi, yaitu pemegang jabatan saat ini cenderung melepas jabatan, suksesor bersedia untuk mengambil alih, hubungan dan komunikasi keluarga yang positif serta perencanaan suksesi. Hanya satu faktor penghambat perencanaan suksesi di PT. Lubrical Suga Sejahtera, yaitu faktor tidak memformalkan kriteria suksesor.


Keywords


perencanaan suksesi, faktor pendukung perencanaan suksesi, faktor penghambat perencanaan suksesi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.