PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS PADA ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT MUSTIKA BUANA BAHANA JAYA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dan pengembangan bisnis pada aspek sumber daya manusia pada PT Mustika Buana Bahana Jaya. PT Mustika Buana Bahana Jaya adalah perusahaan yang bergerak dalam industri palawija seperti beras, jagung dan kacang-kacangan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisa internal dan analisa eksternal Five Forces Porter Analysis untuk menghasilkan SWOT Matrix dan kemudian membuat rencana strategi perusahaan dan strategi pengembangan sumber daya manusia pada PT Mustika Buana Bahana Jaya. Hasil dari penelitian bahwa strategi S-O perusahaan adalah meningkatkan kualitas produk, memaksimalkan produktivitas dan memaksimalkan distribusi penjualan. Strategi W-O perusahaan adalah meningkatkan inovasi produk, memaksimalkan waktu kerja karyawan dan menentukan standar pada biji-bijian yang akan diolah. Strategi S-T perusahaan membentuk skala ekonomi lebih besar dan fokus pada value kualitas bagi pembeli dan pemasok, investasi jangka panjang dan distribusi penjualan yang luas. Strategi W-T membuat inovasi produk.
Rencana strategi perusahaan dan strategi manajemen sumber daya manusianya adalah cost leadership dan strategi pengurangan biaya, dimana strategi ini untuk menekan segala biaya – biaya yang ada dalam perusahaan termasuk biaya produksi, agar biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi barang atau jasanya lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan lain. strategi pengurangan biaya dimana strategi ini berusaha mendapatkan keunggulan bersaing melalui biaya produksi yang rendah fokus utama diarahkan strategi ini adalah pada upaya meningkatkan produktivitas, yakni melalui biaya output per individu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
David, Fred R. (2011) Strategic Management. Salemba Empat : Jakarta
Filipo Ernest. (Mei 2012) Development of Successful Team in Human Resources, 112-115, Volume. 2, No. 10,Retrieved April 10, 2014. From Proquest.
Hariandja, Marihot Tua Efendi & Hardiwati, Yovita (2002) Ilmu Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT Gramedia Tbk : Jakarta
Kurtz, David L (2008). Principles of contemporary marketing. Stamford : South-Western Educational Publishing.
Kotler, P. dan Keller, K. L (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Indeks, Jakarta.
Manullang, Inggrid (2012) Proses Pengembangan SDM. Grasindo : Jakarta
Mangkuprawira (2011) Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. PT Gramedia Tbk: Jakarta
Mathis, Robert L. &.Jackson, John H (2006). Human Resources Management, Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat.
M.Fuad et.al, (2000) Kinerja Manajemen yang Sukses. PT Gramedia Tbk : Jakarta
Moleong (2007). Metodologi Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Riny, Artini (2008) Pengertian Sumber Daya Manusia. Artikel Terbuka Indonesia. Surabaya
Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Penerbit STIE YKPN.
Soetjipto, Arifin (2007) Organisasi dalam Perusahaan. Journal of Human Resources Management. Indonesia
Sumarsih (2012) Human in Rights. PT Gramedia Tbk : Jakarta
Suparta,Mohammad (2010) Kinerja Pengelolaan Sumber Daya. Grasindo : Jakarta
Sugiyono (2008) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Indonesia:Alfabeta
Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Buku Seru.
Terry, George R. & Rue, Leslie W. 2005. Dasar – Dasar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.
Umar, Hussein (2000) Strategi Bisnis dalam Perusahaan. Grasindo : Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.