PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN FUNGSI PRODUKSI DAN OPERASIONAL PADA USAHA EMAS CV. X

Doni Wijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di Indonesia perusahaan keluarga sudah tidak asing lagi. CV. X adalah salah satu perusahaan keluarga yang bergerak di industri peleburan emas. Dalam 2 tahun terakhir kebutuhan emas semakin meningkat. Hal ini berdampak pada jumlah permintaan emas di CV. X. Secara otomatis bahan baku yang diperlukan juga semakin meningkat. Namun kenaikkan permintaan tidak diimbangi dengan kenaikkan kapasitas produksi CV. X. Selain itu perusahaan kesulitan untuk mengontrol kualitas bahan baku yang didatangkan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini digunakan metode wawancara. Informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini antara lain informasi mengenai fungsi planning, organizing, actuating dan controlling yang dijalankan perusahaan. Penelitian ini juga menggunakan analisis kekuatan bersaing Porter untuk menganalisis lingkungan eksternal.

Hasil dari penelitian ini adalah strategi diferensiasi dengan cara penambahan mesin dan strategi peningkatan kualitas dengan cara membeli alat cek kadar emas.


Keywords


Pengelolaan dan Pengembangan, Produksi, Operasional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.