PENCITRAAN POLITIK ABURIZAL BAKRIE DALAM TEKS PIDATO MENDAKI SEMERU DAN TEKS PIDATO INDONESIA DALAM MIMPI SAYA

Authors

  • Sondang Cisilia Sidabutar Petra Christian University

Keywords:

designing, exhibition, interior, korean wave

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Aburizal Bakrie mencitrakan dirinya sebagai calon presiden Indonesia tahun 2014 melalui teks pidato Mendaki Semeru dan teks pidato Indonesia Dalam Mimpi Saya. Fokus dari penelitian ini adalah pemaknaan pada wacana yang disampaikan Aburizal Bakrie dalam pidatonya yang membentuk pencitraan politik Aburizal Bakrie. Membangun pencitraan politik merupakan bagian dari aktivitas Political Public Relations dalam dunia politik. Penelitian ini menggunakan analisis Roger Fowler dan kawan-kawan yang menganalisis teks berdasarkan kata dan tata bahasa dalam teks. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Aburizal Bakrie berusaha membangun citranya sebagai seorang pemimpin yang visioner dan melalui pidatonya tersebut Aburizal Bakrie menghadirkan wacana-wacana pembangunan yang ada pada Orde Baru.

References

Alie, M. (2013). Pemasaran Politik Di Era Multi Media. Jakarta: Mizan Publika

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Teks Media. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta

Heryanto, G. G. dan Zarkasy, I. (2012). Public Relations Politik. Bogor: Ghalia Indonesia

Mara, L. (2004) . Merebut Hati Rakyat: Melalui Nasionalisme, Demokrasi, dan Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Primamedia Pustaka

Muhtadi, B. (2013). Perang Bintang: Konstelasi dan Prediksi Pemilu 2014. Jakarta: Noura Books.

Pawito. (2009). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT Refika Aditama.

Stromback, J. dan Kiousis, S. (2012). Political Public Relations. Routledge: United Kingdom

Downloads

Published

2014-07-03

Issue

Section

Articles