Motif dan Kepuasan Pemirsa Surabaya dalam Menonton Program Variety Show “Inbox” SCTV

Winny Pangestu(1*), Agusly Irawan Aritonang(2), Daniel Budiana(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan masyarakat Surabaya dalam menonton program variety show “Inbox” di SCTV. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification dengan variabel Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) yang memiliki indikator yaitu informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, dan hiburan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis eksplanatif dengan statistik inferensial serta uji crosstab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Surabaya mendapatkan kepuasan dalam indikator informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial dan tidak mendapatkan kepuasan dalam indikator hiburan. Motif dan kepuasan tertinggi ada pada identitas pribadi. Sedangkan motif dan kepuasan terendah ada pada indikator hiburan.


Keywords


Motif, Kepuasan, Pemirsa Surabaya, Variety Show, SCTV

Full Text:

PDF

References


Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hurlock, E.B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.

Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kuswandi, W. (1996). Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Liliweri, A. (1991). Memahami Peran Komunikasi Massa dalam Masyarakat. Bandung: PT. Citra

Aditya Bakti.

Mabruri, Anton. (2011). Penulisan Naskah TV. Jakarta: Grasindo.

McQuail, D., Blumler, J.G., & Brown, J. (1972). “The television Audience: A Revised

Perspective”. In D. McQuail (Ed.), Sociology of Mass Communication. Middlesex, England:

Penguin.

McQuail, D. (1997). Audience Analysis. The United States of America: Sage Production.

Muda, Deddy Iskandar. (2003). Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Naratama. (2004). Menjadi Sutradara Televisi. Jakarta: Grasindo.

Nurudin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Palmgreen, Raymond. (1985). Media Gratification Research: Current Perspectives. Beverly Hill,

London, New Delhi : Sage.

Rakhmat, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI