Evaluasi Kegiatan Employee Gathering 2017 Lombok Epicentrum Mall Nusa Tenggara Barat

Devy Caroline Harianto(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Yustisia Ditya Sari(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Gathering merupakan salah satu kegiatan Employee Relations. Kegiatan ini merupakan cara untuk menjalin hubungan baik antara pimpinan dengan karyawan. Tujuannya agar karyawan termotivasi sehingga berdampak pada kinerja. Berdasarkan pengamatan dari manajemen, kegiatan employee gathering 2017 dinilai tidak memberikan dampak pada 50 persen karyawannya. Jumlah karyawan PT. Sriwijaya Propindo Utama sebanyak 75 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode audit mini komunikasi, dan dengan teknik pengumpulan data wawancara. Setelah melakukan evaluasi pada kegiatan Employee Gathering 2017, peneliti menemukan beberapa titik rawan. Pertama, tidak adanya dasar yang jelas yang digunakan dalam penyusunan tujuan kegiatan seperti visi dan misi perusahaan. Kedua, kegiatan ini dilepas sepenuhnya kepada EO tanpa pengawasan dan koordinasi dari HRD, sehingga EO memegang andil penuh dalam kegiatan. Ketiga, tujuan kegiatan tidak disampaikan kepada EO sehingga memunculkan perbedaan pemahaman. Keempat, tidak dilakukannya evaluasi untuk menilai keberhasilan kegiatan hanya evaluasi pada budget saja. Hal ini lah yang menyebabkan kegiatan ini tidak memberikan dampak pada 50 persen karyawan.


Keywords


Evaluasi, Kegiatan Employee Gathering, Lombok Epicentrum Mall, Audit Mini Komunikasi, Lombok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI