EFEKTIFITAS IKLAN TELEVISI TOKOBAGUS.COM VERSI “MAU JUAL MOBIL?” PADA MASYARAKAT SURABAYA

Nielsen Djuwandono Hermawan(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan Tokobagus.com versi “Mau Jual Mobil?” merupakan iklan dari situs jual beli online yang memanfaatkan media komunikasi massa televisi sebagai media promosi perusahaan. Hal yang unik ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian berdasarkan teori efektifitas iklan. Iklan disebut efektif bila ia mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh pengiklan. Iklan yang efektif biasanya kreatif. Yakni, bisa membedakan dirinya dari iklan-iklan masa yang sedang-sedang saja; iklan yang tidak biasa dan berbeda. Direct Rating Method (DRM) digunakan untuk mengevaluasi kekuatan sebuah iklan dengan kemampuan iklan itu menarik perhatian, pemahaman, respon kognitif, respon afektif, dan sikap terhadap iklan. Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa iklan Tokobagus.com versi “Mau Jual Mobil?” ini termasuk iklan yang efektif.


Keywords


Efektivitas Iklan; Direct Rating Method; Efektifitas; Tokobagus.com

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2012). Jawa timur dalam angka. Surabaya: BPS Provisi Jawa Timur.

Bimantoro, F. & Herawati, F. A. (2011, Desember). Pengaruh Frekuensi Melihat Iklan Floating terhadap Tingkat Kesadaran Merek. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 11, No. 2. ISSN 1829-6564.

Burhani, R. (2012, Desember 8). Tokobagus.com raih "Digital Marketing Award 2012". Retrived Januari 23, 2013, from http://www.antaranews.com/berita/347530/tokobaguscom-raih-digital-marketing-award-2012

Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Kota Surabaya. (2012).

Durianto, D., Sugiarto, Widjaja, Wachidin,A., & Supraktino,H. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Erry. (2011, Maret 13). Tokobagus Tayangkan Iklan TV Komersial. Infokomputer.com. Retrived April 16, 2013, from http://www.infokomputer.com/berita/1-latest-news/3905-tokobagus-tayangkan-iklan-tv-komersial

Ernandiri, D. Email and Telephone interview. 24 April. 2013

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan. Jakarta: PT. Erlangga.

Karimuddin, A. Data Pengguna Internet 2012 by Markplus Insight. Evoucher.co.id. Retrieved Januari 22, 2013, from http://evoucher.co.id/blog/2012/11/data-pengguna-internet-2012-by-markplus-insight.html

Kotler, P. & Keller, K. (2007). Manajemen pemasaran (12th edition). PT. Indeks: Jakarta

Masuki. (2011, Maret 7). Tokobagus.com Buat Iklan TV Pengalaman Member. Antaranews.com. Retrived April 16, 2013, from http://bali.antaranews.com/berita/9927/tokobaguscom-buat-iklan-tv-pengalaman-member

Rumeksa, S. (2013, Januari 20). Tokobagus Bentuk Tim Khusus Jaring Pemasang Iklan. Tribunnews.com. Retrived September 19, 2013, from http://surabaya.tribunnews.com/2013/01/20/tokobagus-bentuk-tim-khusus-jaring-pemasang-iklan

Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi ed.1, cet. 5. Jakarta : Rajawali pers.

Setiawan, B. (2012, Juni 8). Kelas Sosial dan Karakteristik Sosial, Ekonomi, dan Psikografik. Litbang Kompas.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, U. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI