EFEKTIVITAS IKLAN JAYANATA DI SURAT KABAR JAWA POS TERHADAP MASYARAKAT SURABAYA

Revica Febi Yuwono(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas iklan Jayanata di surat kabar Jawa Pos terhadap masyarakat Surabaya. Jayanata sebagai pengiklan menggunakan iklan dengan tujuan untuk menjaring konsumen baru datang ke Jayanata. Efektivitas iklan diukur menggunakan metode pengukuran Customer Response Index (CRI). Metode CRI mengukur respon pembaca Jawa Pos dari berbagai tahap, mulai dari awareness, comprehend, interest, intentions, dan action. Tahap respon dalam CRI inilah yang digunakan untuk mengukur efektivitas iklan Jayanata. Dalam penelitian ini, efektivitas digambarkan dalam teori Hierarchy of Effects dan didukung teori komunikasi pemasaran terpadu serta teori mengenai iklan. Jenis penelitian ini ialah penelitian deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini ialah iklan Jayanata di Jawa Pos efektif dan berhasil memenuhi tujuan yang ingin dicapai Jayanata yaitu pada tahap interest sebesar 93%.

Keywords


Efektivitas; Iklan Surat Kabar; Jayanata; Jawa Pos; Customer Response Index (CRI)

Full Text:

PDF

References


Belch, G. E. & Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective 8th ed. New York : McGraw-Hill.

Best, R. J. (2013). Market Based Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Durianto, Darmadi., Sugiarto., Widjaja, Anton W., & Supratikno, H. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Kedelapan). Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Marketing Management 13th ed. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Lane, W. R., King, K. W., & Russell, J. T. (2008). Kleppners’s Advertising Procedure 17th ed. New Jersey : Pearson International Edition.

Morissan, M.A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana.

Severin, W. & Tankard, J. (2009). Teori Komunikasi : Sejarah, Metode, dan Terpaan di dalam Media Massa. Jakarta : Prenada Media Group.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama.

Singarimbun, M., Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survai : Edisi Revisi. Jakarta : PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Umar, H. (2005). Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Utama, S. S., Andadari, R. K., & Matrutty, E. S. (2009). Efektivitas Iklan Televisi Partai Gerindra berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI) DI Salatiga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis vol. XV no.1 Maret 2009, p.89-102.

Widyatama, R. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Wells, W. (2006). Advertising: Principles and Practice 7th ed. New Jersey : Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI