PENGARUH HAMBATAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL MIDTOWN SURABAYA

Jessica Gani(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hambatan komunikasi terhadap kinerja karyawan di Hotel Midtown Surabaya. Komunikasi organisasi yang efektif dibutuhkan dalam organisasi tersebut. Dalam komunikasi tersebut disinyalir adanya hambatan komunikasi di divisi Sales & Marketing, Finance & Accounting, Rooms dan Food & Beverage Marketing. Peneliti menggunakan teori komunikasi organisasi, hambatan komunikasi dan kinerja karyawan. Elemen-elemen hambatan komunikasi terdiri dari hambatan teknis, semantik dan perilaku mempengaruhi quantity of work, quality of work dan job knowledge karyawan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan penerapan skala Likert. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Midtown Surabaya yang berjumlah 101 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hambatan komunikasi mempengaruhi kinerja karyawan Hotel Midtown Surabaya.


Keywords


Hambatan Komunikasi; Kinerja Karyawan; Hotel Midtown Surabaya

Full Text:

PDF

References


Ayatullah, A., & Ishak, F. (2003). Komunikasi dan Organisasi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah.

Diwan, P. (2000). Communication Management. Kuala Lumpur: Godden Books.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Foster, D. L. (1992). Rooms At The Inn: Front Office Operations and Administration. USA: Macmillan/McGraw-Hill School Publishing Company.

Gomes, Fausto, C. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Jablin, F. & Putnam, L. (2001). The New Handbook of Organizational Communication: Advances in Theory, Research, and Methods. SAGE Publications Ltd.

Koontz, H. (2001). Management: A global perspective. 10th Ed. New York: McGraw-Hill.

Kriyantono, R. (2006). Teknis Praktis Riset Komunikasi : Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Fajar Inter Pratama Offset.

Mangkunegara, A. (2010). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Masmuh, Dr. A. (2010). Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Miller, K. (2009). Organizational Communication: Approach and Processes fifth edition. Canada: Nelson Education, Ltd.

Neni, Y. (2007). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (PHU)-LPPM UNISBA.

Rudy, T. M. (2005). Komunikasi & Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung: PT. Refika Aditama.

Singarimbun, M dan Effendi, S. (1986). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sudarmanto, R. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Sugiyono. (2002). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Suranto. (2005). Komunikasi Perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana.

Sujarweni, W. & Endrayanto, P. (2012). Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wursanto, I. (2005). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Madera, Juan M. (2011). “Removing Communication Barriers at Work”, Journal of Hospitality and Tourism, Vol. 3 No. 4, pp.377-380. Retrieved 2011, fromhttp://www.emeraldinsight.com/journals.htm?articleid=853670&show=abstract&

“Pertumbuhan Hotel dan Kunjungan Wisatawan Timpang.” Berita Surabaya.net. 7 Januari 2013

(http://beritasurabaya.net/index_sub.php?category=25&id=8293)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI