PENGARUH HAMBATAN KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI DALAM ORGANISASI PT. LIEBHERR INDONESIA PERKASA, BALIKPAPAN

Oey A. Michelle W.(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi sangat penting dalam organisasi terutama antara atasan dan karyawan untuk kelancaran pekerjaan dan tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari hambatan komunikasi yang terjadi di dalam organisasi PT. Liebherr Indonesia Perkasa, Balikpapan terhadap motivasi kerja karyawan yang berada di dalamnya. Sebagai perusahaan multinasional yang bergerak di bidang penyediaan alat berat dan pertambangan, banyak jabatan tinggi ditempati oleh Warga Negara Asing, sedangkan sebagian besar karyawannya adalah Warga Negara Indonesia. Komunikasi yang terjadi juga memunginkan terdapat hambatan komunikasi didalamnya. Perusahaan ini juga melihat motivasi kerja karyawan sangat penting karena menentukan hasil pekerjaan dan sering terjadi perubahan yang tidak menentu setiap tahunnya. Elemen-elemen dari hambatan komunikasi adalah hambatan teknis, perilaku, bahasa, struktur, jarak, dan latar belakang. Elemen-elemen motivasi adalah arah perilaku, tingkat usaha dan kegigihan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik penskalaan Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara hambatan komunikasi dengan motivasi kerja karyawan di PT. Liebherr Indonesia Perkasa, Balikpapan. Pengaruh yang terjadi adalah pengaruh negatif, dimana apabila hambatan komunikasi mengalami kenaikan maka motivasi kerja akan menurun, dan begitu juga sebaliknya.

Keywords


Hambatan Komunikasi; Motivasi Kerja; PT. Liebherr Indonesia Perkasa, Balikpapan

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

George, J. M., & Jones, G. R. (2005). Understanding and Managing Organizational Behaviour (4th ed.). New Jersey: Upper Saddle River.

Hardjana, A. (2000). Audit Komunikasi, teori dan praktek. Jakarta: PT. Grasindo.

Keyton, J. (2005). Communication & Organizational Culture: A Key to Understanding Work Experiences. United Kingdom: Sage Publication.

Liliweri, A. (2004). Wacana Komunikasi Organisasi. Bandung: Mandar Maju.

Masmuh, A. (2010). Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Miller, K. (2003). Organizational Communication: Approaches and Processes (3rd ed). United States: Wadsworth/Thomson Learning

Wursanto, I. (2005). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Purwanto, D. (2006). Komunikasi Bisnis: 3rd ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2007). Statisitika untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI