STRATEGI KAMPANYE “BREAST CANCER AWARENESS MONTH”

Alodia Libertine Chandra(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu komunitas di Indonesia yang berpusat di Surabaya adalah Reach To Recovery Surabaya (RRS). Pada bulan Oktober 2012 RRS mengadakan kampanye “Breast Cancer Awareness Month”. Tujuan dari kampanye tersebut diadakan adalah untuk meningkatkan awareness masyarakat Surabaya terutama remaja putri untuk melakukan deteksi dini atau yang biasa disebut sebagai SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh “Reach To Recovery Surabaya” (RRS) dengan menggunakan studi kasus kampanye “Breast Cancer Awareness Month”. Melalui penelitian ini dapat diketahui bagaimana kampanye digunakan oleh sebuah komunitas untuk mencapai tujuan organisasinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan observasi.

Keywords


Kampanye; Strategi; Kanker Payudara; Breast Cancer; Pink; RRS; Surabaya

Full Text:

PDF

References


Botan, C. H., Vincent Hazleton. (2006). Public relations theory II. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Cutlip, S. M., Allen H., Center, G. M. Broom. (2006). Effective public relations. Jakarta : Kencana.

Damajanti, I. Komunikasi pribadi. 19 Oktober 2012 & 8 November 2012.

Harlow, R. F. (1976). “Building a Public Relations Definition,” “Public Relations Review

Jefkins, F. (2003). Public relations. edisi 5.Jakarta : PT Erlangga.

Kriyanto.R. (2008). Teknik praktis riset komunikasi, 1st. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L. J.(2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Niagolan, P. (2005). Akuntansi keuangan yayasan dan lembaga nirlaba sejenis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2002). Kampanye public relations. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, (2008), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Venus, A. (2009). Manajemen kampanye, panduan teoritis dan praktis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rodaskarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI