PROPAGANDA UNIFIKASI KOREA UTARA DAN KOREA SELATAN DALAM SERIAL DRAMA TELEVISI KOREA THE KING 2 HEARTS

Josephine Prisilia(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah produksi Korea Selatan Kim Jonghak memproduksi serial drama televisi fiktif menggunakan setting pemerintahan Korea Selatan monarki konstitusional dan mengangkat tema sensitif negara Korea mengenai unifikasi Korea. Serial drama televisi berjudul The King 2 Hearts, dengan topik unifikasi Korea diangkat sebagai penelitian karena melihat adanya hubungan antara usaha unifikasi Korea Utara dan Korea Selatan dengan pernikahan antara Raja Korea Selatan dan Wanita Korea Utara. Di mana serial drama televisi ini digunakan sebagai alat propaganda. Untuk mengetahui propaganda unifikasi Korea Utara dan Korea Selatan, penelitian ini menggunakan representasi melalui narasi dalam serial drama televisi Korea The King 2 Hearts. Narasi serial drama televisi The King 2 Hearts menggunakan metode analisis naratif Vladimir Propp : Morphology of the Folk Tale. Metode analisis naratif ini melihat narasi unifikasi Korea melalui penokohan dan fungsi-fungsi dari penokohan.

Penelitian ini menghasilkan unifikasi Korea Utara dan Korea Selatan dalam serial drama televisi The King 2 Hearts melalui pernikahan. Pernikahan dalam serial drama televisi menjadi salah satu alat propaganda. Propaganda ini direpresentasikan melalui adanya kesepakatan pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan, kepercayaan dan kerja sama, penyelesaian permasalahan dalam negara Korea Utara dan Korea Selatan, serta dukungan dari rakyat Korea sendiri dan negara Amerika-Cina. Unifikasi Korea Utara-Korea Selatan dalam The King 2 Hearts juga dipengaruhi oleh pemberitaan media, khususnya media televisi.


Keywords


Propaganda; Unifikasi Korea; Narasi; The King 2 Hearts

Full Text:

PDF

References


Reason to Watch The King 2 Hearts. (n.d). Retrieved September 19, 2013 from http://dramahaven.com/6-reasons-to-watch-the-king-2-hearts/

Arifin, W., & Soemargono, F. (1991). Kamus Perancis-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Berger, A. A. (1992). Popular Culture Genres: Theories and Texts Volume 2. United States of America: Sage Publications, Inc.

Berger, A. A. (2005). Media Analysis Techniques 3th ed. United States of America: Sage Publications, Inc.

Bordwell, D., & Thompson, K. (2001). Film Art : An Introduction Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Burton, G. (2008). Yang Tersembunyi di Balik Media. Yogyakarta& Bandung: Jalasutra.

Czarniawska, B. (2004). The Ecology of Gender: 4th ed. USA: Harcourt Brace & Company.

Franzosi, R. (1998). Narrative Analysis—or why (and how) sociologist should be interested in narrative, Annual Review of Sociology, 24, 517 – 554. Retrieved December 11, 2001, from ABI/INFORM Global (Proquest) database.

Hall, S. (1997). Representation, Cultural Representation and Signifying Practice. London : SAGE Publications Ltd.

Hartley, J. (2010). Communication, Cultural, & Media Studies – Konsep Kunci: Edisi Terjemahan. Yogyakarta: Jalasutra.

Ida, R. (2011). Metode Penelitian : Kajian Media dan Budaya. Surabaya : Airlangga University Press.

Jowett, G.S. & O’Dennell. V. (2010). Propaganda and Persuasion : 5th Edition. California : Sage Publication.

Jae Young, K. (2012). Ask a North Korean: What Do People Really Think of South Korean. Retrieved March 8, 2013 from http://www.nknews.org/2012/09/ask-a-north-korean-what-do-people-really-think-of-south-koreans/.

Korean Culture and Information Service. (2011). K-Drama : A New TV Genre with Global Appeal. Republic of Korea: Seoul.

Littlejohn, S.W., & Karen A. F. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. USA: Sage Publications.

Nuruddin. (2002). Komunikasi Propaganda. Bandung : Rosdakarya.

Patilima, H. (2009). Buku Panduan Nvivo 7: Analisis Data Kualitatif.

Stokes, J. (2003). How To Do Media & Cultural Studies. London : Sage Publications Ltd.

Ratna, N.K. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar

The Ministry of Culture And Tourism. (1997). Facts about Korea: Revised and Condensed Edition. Seoul: Korea Overseas Information Service.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI