STAR STUDIES TERHADAP IMAGE SYAHRINI

Debby Natalia Carolina(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui image apa yang dikonstruksikan oleh Syahrini melalui penampilannya di media, baik televisi dan internet. Unsur-unsur penelitan star studies dari Richard Dyer yang akan digunakan dalam penelitian ini untuk menemukan image tersebut. Jenis sumber data yang akan diteliti adalah video clip, iklan, program acara, wawancara dan penampilan di televisi, dan akun pribadi instagram Syahrini. Beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini teori star studies, star, star image, pop culture, trendsetter, life style, consumerism, dan paradigma konstruksivisme. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode star studies untuk mendeskripsikan image yang dibentuk oleh Syahrini melalui media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Syahrini merupakan seorang konsumeris yang tidak digunakan untuk pemuasan hasrat konsumsinya, melainkan sebagai cara untuk mensejajarkan image dirinya yang merupakan representasi dari Kim Kardhasian.

Keywords


Star Studies; Syahrini; Image; Konsumerisme

Full Text:

PDF

References


Chris. (2009). Jejak Darah. Jakarta: Grasindo.

McDonald, P. (2000). The Star System: Hollywood’s Production of Popular Identities. London: Wallflower Publishing Limited.

Minedrop, A. (2005). Metode Karakteristik Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mosby. (2001). Buku Ajar Konsep Kebidanan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Mulyana, D. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Soedjatmiko, H. (2008). Saya Berbelanja Maka Saya Ada. Yogyakarta: Jalasutra.

Stokes, J. (2007). How To Do Media and Cultural Studies. Yogyakarta: Bentang (PT. Bentang Pustaka).

Sumartana, H. T. (2000). Reformasi Politik Kebangkitan Agama dan Konsumerisme. Yogyakarta: Terbitan Dian Interfidei.

Suprihati, I. (2012). Image Syahrini Sebagai Artis Sensasional. Retreived 5 April 2013 from http://www.idberita.co.id/news/read/457/image-syahrini-sebagai-artis-sensaional

Suwanda, H. (2009). Rahasia Bebas Finansial Dengan Berinvetasi Di Pasar Model. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

The Chicago School of Media Theory, (2003), Retrieved 11 November 2013 from http://lucian.uchicago.edu/blogs/mediatheory/keywords/icon/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI