STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS GRAND CITY SURABAYA DALAM MEMBANGUN BRAND SEBAGAI WORLD CLASS MALL

Fanny Justicia Winawati(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Grand City Surabaya dalam membangun brand sebagai world class mall. Strategi Marketing Communications ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk diferensiasi antara Grand City Surabaya dengan mall lainnya. Oleh karena itu demi mencapai membangun sebuah brand world class mall tersebut maka Grand City Surabaya perlu membentuk grand strategy sebagai konsep awal yang mendasari strategi Marketing Communication yang diajalankan yaitu pull strategy, push strategy dan profile strategy. Ketiga strategi tersebut selanjutnya diimplementasikan kedalam tactic Marketing Communication Tools yaitu advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Yang kemudian hasilnya akan membentuk sebuah brand yang sesuai dengan enam aspek dalam brand. Jenis penelitian ini deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu studi kasus dengan menggabungkan berbagai sumber data. Hasil dari penelitian ini yaitu mengetahui aktivitas Marketing Communication Grand City Surabaya dalam menjalankan strategi Marketing Communication melalui Marketing Communication Tools. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa Strategi yang dilakukan oleh Marketing Communications Grand City Surabaya berupa  Pull Strategy, Push Strategy, dan Profile Strategy.

Keywords


Marketing Communication; Strategi Marketing Communication; Brand; World Class Mall; Grand City Surabaya

Full Text:

PDF

References


Afifudin, H & Saebani, B. A. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung; CV. Pustaka Setia.

Andyono, Y. (2006). Indonesia Shopping Center, Jakarta. PT.Griya Asri Prima.

Botan, C. (1992). Grand Strategy, Strategy, Tactics. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.

Cedar Consuling From www.cedar-consulting.com

Daymon, C. (2008) Metode-Metode Riset Kualitatif. Yogyakarta; PT. Bentang Pustaka.

Fill, C. (2005). Marketing Communications, Edisi Keempat. Europe; Prentice Hall.

Kominfo Jatim From http://kominfo.jatimprov.go.id/watch/27943).

Kotler, P. and Keller, K. L. (2003). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta; Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama.

Lensa Indonesia. From http://www.lensaindonesia.com/2013/01/10/persaingan-Mall-di- surabaya-makin-ketat.html

Kesrul, M. (2004). Panduan Praktis Pramuwisata Profesional. Graha Ilmu.

Marketeers Magazine Edisi April, 2013.

Rubenstein, Harvey, M. (1978). Central City Malls. New York; John Willey and Sons.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung; PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung, 2007.

Yin, R. K. (2003). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta; Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI