TAKTIK SELF PRESENTATION PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (SBY) MELALUI AKUN TWITTER (@SBYUDHOYONO)

Olivia Jap(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Self presentation merupakan bagaimana kita membentuk apa yang orang lain pikirkan tentang kita dan apa yang kita pikirkan tentang diri kita sendiri. Taktik dalam Self presentation itu sendiri terbagi menjadi 13 kategori yaitu Exemplification, Entitlement, Ingratiation, Enhancement, Disclaimer, Intimidation, Apology, Self-Handicapping, Excuse, Supplication, Justification, Basking, dan Blasting. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui taktik self presentation apa saja yang dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui tweet-tweet yang ditulis di akun Twitter resminya (@SBYudhoyono) selama tiga bulan, terhitung sejak tanggal 13 Agustus 2013 hingga 13 November 2013. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan menganalisis 547 tweets SBY selama tiga bulan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa taktik self presentation yang paling sering dilakukan oleh presiden SBY adalah taktik Exemplification dimana Presiden SBY berusaha untuk menunjukan bahwa ia memiliki integritas dan nilai moral yang tinggi.

Keywords


Self Presentation; Taktik; Twitter; Analisis Isi Kuantitaif

Full Text:

PDF

References


Aharony, N. (2011). Twitter use by three political leaders: an exploratory analysis. Israel: Department of Information Science.

Bortree, D.S. (2005). Presentation of self on the Web: An ethnographic study of teenage girls' weblogs. Education, Communication and Information(ECi), 5(1), 25-39.

Bulaeng, A. (2004). Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Eriyanto. (2010). Metode Analisis Isi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fiske, J. (1990). Introduction to Communication Studies. New York: Routledge.

Goffman, E. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. United States of America: Doubleday Anchor Books.

Ham. (2009). Daniel Sparringa juru dengar presiden. Matanews Retrieved November 12, 2011.

Kompas. (2009). “The Victory is Yours” Drama Obama. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Krippendorff, K. (1993). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Leary, R. M. & Kowalsky, M. R. (1990). Impression Management: A Literature Review and Two-Component Model. American Psychological Association, Inc.

Lee, et. All. (1999). Development of a self-presentation tactics scale. South Korea: Hanyang.

Lesmana, T. (2009). Dari Soekarno sampai SBY: IntrikdanLobiPolitik Para Penguasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, D. (2005). IlmuKomunikasiSuatuPengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nimmo, D. (1989). KomunikasiPolitik: Komunikator, Pesan, dan Media. Penerjemah Tjun

Surjaman. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setiowati, E. (2013). How People React in Social Media: Content Analysis on SBY Tweets in Twitter. Jakarta: Universitas Indonesia.

Subiakto, H. (2012). Studi Efek Media Massa dalam Komunikasi Politik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Non Buku:

www.alexa.com

https://twitter.com/SBYudhoyono

http://bits.blogs.nytimes.com/2013/04/25/researchers-call-out-twitter-celebrities-with-suspicious-followings/?_r=0

http://tekno.liputan6.com/read/729714/38-follower-akun-twitter-sby-ternyata-palsu

http://nation.foxnews.com/2013/09/25/daily-mail-barack-obama-has-195m-fake-twitter-followers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI